Nuryani, Ela (2021) Penggunaan audio visual sebagai media pembelajaran daring bahasa Arab di MTs Hj Zubaidah Pulau Kijang. S1 thesis, Pendidikan Bahasa Arab.
![]() |
Text
ELA NURYANI SKRIPSII.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
![]() |
Text
COVER.pdf Download (238kB) |
![]() |
Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf Download (318kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (537kB) |
![]() |
Text
BAB V (1).pdf Download (153kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA (2).pdf Download (268kB) |
Abstract
ABSTRAK Nuryani, Ela. 2020. Penggunaan Audio Visual Sebagai Media Pembelajaran Daring Bahasa Arab di MTs Hj. Zubaidah Pulau Kijang. Skripsi. Jurusan Pendidikan Bahasa Arab, FKIP Universitas Jambi, Pembimbing (I) Dr. K.A. Rahman, M.Pd.I., (II) Abdul Muid, S.Pd.I., M.Pd., Kata Kunci : Pembelajaran daring, Bahasa Arab, Media Audio Visual MTs Hj. Zubaidah merupakan salah satu tempat sekolah yang berada di Pulau Kijang. Penerapan pengajaran di MTs Hj. Zubaidah menggunakan media pembelajaran bahasa arab berbasis daring. Penelitian pada skripsi ini berfokus pada media pembelajaran yang digunakan oleh guru. Salah satu media yang membantu pembelajaran daring bahasa Arab adalah media audio visual. Media inilah yang diterapkan oleh guru bahasa Arab di MTs Hj. Zubaidah dalam pembelajaran bahasa Arab secara daring pada siswanya. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penggunaan audio visual dalam pembelajaran daring bahasa Arab di MTs Hj. Zubaidah Pulau Kijang. Penggunaan audio visual dalam pembelajaran daring bertujuan untuk memudahkan siswa dalam memahami materi pelajaran bahasa arab. Data dalam penelitian ini adalah data kualitatif. Sumber data diperoleh dari kepala sekolah MTs Hj. Zubaidah, guru bahasa Arab dan siswa. Pengumpulan data dilakukan menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah analisis data kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1). Proses pelaksanaan media ini dibagi menjadi tiga tahapan. Pada tahapan pertama dimulai dengan pembuatan materi, Tahapan kedua mengidentifikasi tata bahasa atau qowā’idnya. Tahapan ketiga adalah memberi tugas. Hasil dari penggunaan media ini, para siswa sedikit banyak dapat memahami materi bahasa Arab 2). Kendala guru ketika ketika menggunakan media ini yaitu: (a) Pelafalan kata atau kalimat, (b) Kuota terbatas, (c) Tugas yang menumpuk (d) Jaringan tidak stabil, (e) Latar belakang siswa yang berbeda-beda, (f) Minat belajar siswa yang kurang (g) Jaringan yang tidak stabil (h) Keaktifan guru dalam mengajar juga kurang. Kendala-kendala tersebut diatasi oleh guru dan pihak sekolah dengan beberapa solusi yaitu: (a) Mengadakan belajar di rumah guru, (b) Memotivasi santri untuk aktif belajar. (c) Komunikasi yang baik.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LA History of education |
Depositing User: | ELA NURYANI |
Date Deposited: | 24 Mar 2021 06:59 |
Last Modified: | 24 Mar 2021 06:59 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/19126 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |