STRATEGI GURU DALAM MENYUSUN PENILAIAN PEMBELAJARAN DARING

Dwi Saputri, Erlina (2021) STRATEGI GURU DALAM MENYUSUN PENILAIAN PEMBELAJARAN DARING. S1 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
Cover.pdf

Download (364kB)
[img] Text
Lembar Pengesahan.pdf

Download (457kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (194kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (313kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (191kB)

Abstract

ABSTRAK Saputri, Erlina Dwi. 2021. Strategi Guru dalam Menyusun Penilaian Pembelajaran Daring. Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Ilmu Pendidikan Anak Usia Dini dan Dasar, FKIP, Universitas Jambi, Pembimbing: (I) Dr. Eko Kuntarto, M. Pd. M.Comp.Eng (II) Ahmad Hariandi, S.Pd.I., M.Ag. Kata Kunci : strategi guru, Menyusun penilaian pembelajaran daring Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan apa saja strategi yang digunakan guru dalam menyusun penilaian pembelajaran daring dan apa saja kendala yang dihadapi guru dalam menyusun penilaian pembelajaran daring. Penelitian ini dilakukan di SDN 111/I Muara Bulian pada bulan Januari-Februari, pada semester genap Tahun ajaran 2020/2021. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Penelitian ini mendeskripsikan segala bentuk tindakan dan juga fenomena yang dilakukan oleh subjek yang diteliti, dengan melakukan pengamatan secara langsung dilapangan dan wawancara bersama guru kelas VI SD Negeri 111/I Muara Bulian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi guru pada tahap perencanaan penilaian pembelajaran daring yaitu: 1) Menetapkan tujuan penilaian dengan mengaju pada RPP yang telah dibuat; 2) Menyusun kisi-kisi penilaian pembelajaran daring dengan merujuk pada tujuan; 3) Mengembangkan instrumen penilaian pembelajaran daring berdasarkan tujuan dan kisi-kisi; dan 4) Melakukan analisis kualitas instrumen penilaian pembelajaran daring. Serta kendala yang dihadapi guru dalam melaksanakan. Dalam pelaksanaan penilaian pembelajaran daring ada beberapa kendala yang dihadapi oleh guru yaitu : 1) Alat komunikasi yang medukung kelancaran pembelajaran daring; 2) Jaringan pada saat kegiatan pembelajaran daring; 3) Kompetensi guru dalam menggunakan teknologi; 4) Belum memahami karakteristik peserta didik dengan baik; 5) Peserta didik yang malas mengerjakan tugas; dan 6) Keobjektifan penilaian hasil belajar peserta didik. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa guru memiliki strategi dalam menyusun penilaian pembelajaran daring. Selain itu, ada beberapa kendala yang dihadapi oleh guru juga dalam menyusun penilaian pembelajaran daring.

Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LA History of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD
Depositing User: ERLINA DWI SAPUTRI
Date Deposited: 01 Apr 2021 06:27
Last Modified: 01 Apr 2021 06:27
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/19221

Actions (login required)

View Item View Item