ANALISIS KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU SEKOLAH DASAR DALAM PEMBELAJARAN SECARA DARING DI ERA PANDEMI COVID-19

ULFA, NELYA (2021) ANALISIS KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU SEKOLAH DASAR DALAM PEMBELAJARAN SECARA DARING DI ERA PANDEMI COVID-19. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.

[img] Text
SKRIPSI NELYA ULFA (A1D117223).pdf

Download (1MB)
[img] Text
COVER.pdf

Download (14kB)
[img] Text
PERSETUJUAN.pdf

Download (29kB)
[img] Text
PENGESAHAN.pdf

Download (234kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (79kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (11kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (16kB)

Abstract

Ulfa, Nelya. 2021. Analisis Kompetensi Pedagogik Guru Sekolah Dasar dalam Pembelajaran Secara Daring di Era Covid-19: Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Pendidikan Anak Usia Dini dan Dasar, FKIP Universitas Jambi, Pembimbing: (I) Dr.Yantoro, M.Pd (II) Suci Hayati, S.Pd., M.Pd. Kata Kunci : Covid-19, Kompetensi, pedagogik,Guru, Pembelajaran daring. Penelitian dilatarbelakangi keberhasilan dalam pendidik sangat ditentukan oleh kualitas pembelajaran dan untuk itu pendidik harus mempunyai kualitas kompetensi pedagogik guru yang baik. Rumusan masalah dalam penelitian ini ialah bagaimana kompetensi pedagogik guru sekolah dasar dalam pembelajaran secara daring di era pandemic covid-19. Dalam penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kompetensi pedagogik guru sekolah dasar dalam pembelajaran secara daring di era pandemic covid-19. Penelitian ini dilakukan di SDN 31/IV Kota Jambi pada semester genap tahun ajaran 2020/2021. Pendekatan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif dengan jenis fenomenologi. Data yang penelitian diperoleh dengan menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Wawancara dilakukan pada kepala sekolah dan guru kelas tinggi di SDN 31/IV Kota Jambi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa guru kelas tinggi di SDN 31/IV Kota Jambi pada semester genap 2020/2021 memiliki kompetensi pedagogik yang baik dalam guru dapat memahami menguasai karakteristik peserta didik dari aspek fisik, sosial, moral, emosional, cultural dan intelektual, Guru menggunakan media pembelajaran seperti media gambar, dilingkungan sekitar rumah dan youtube mengenai video pembelajaran. Guru dapat memanfaatkan teknologi informasi untuk kepentingan pembelajaran seperti handphone seperti media whatsapp untuk memberikan tugas kepada peserta didik. Pada tahap penilaian guru membuat dan menyusun penilaian hasil belajar yang mencakup kompetensi sikap, pengetahuan, dan keterampilan. Guru memanfaatkan hasil penilaian dan evaluasi untuk mengetahui ketuntasan belajar peserta didik dan memanfaatkannya untuk kegiatan remedial bagi peserta didik yang belum tuntas belajarnya. Guru dapat melakukan tindakan reflektif pembelajaran secara daring menggunakan video pembelajaran yang ada diyoutube karena diawal video pembelajaran terdapat keterkaitan dengan materi sebelumnya. Kesimpulan bahwa guru kelas tinggi di SDN 31/IV Kota Jambi bahwa guru telah melaksanakan kompetensi pedagogik dengan baik. Kompetensi pedagogik merupakan yang wajib dimiliki seorang guru karena guru harus mampu memiliki kompetensi guru dengan semaksimal mungkin agar dapat tercapai tujuan pembelajaran yang baik. Disarankan pula untuk yang ingin melakukan penelitian lebih lanjut tentang kompetensi pedagogik guru sekolah dasar dalam pembelajaran secara daring yang lebih mendalam.

Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LA History of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD
Depositing User: NELYA ULFA
Date Deposited: 12 Apr 2021 01:40
Last Modified: 13 Apr 2021 07:02
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/19347

Actions (login required)

View Item View Item