Analisis Kesulitan Belajar Siswa dalam Pembelajaran Daring di Era Pandemi (Studi Kasus pada Siswa Kelas III Sekolah Dasar)

Putri, Melisa and Kuntarto, Eko and Alirmansyah, Alirmansyah (2021) Analisis Kesulitan Belajar Siswa dalam Pembelajaran Daring di Era Pandemi (Studi Kasus pada Siswa Kelas III Sekolah Dasar). S1 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
SKRIPSI_MELISA PUTRI_A1D117089 - 2-dikonversi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
COVER-dikonversi (2).pdf

Download (27kB)
[img] Text
H. persetujuan dan pengesahan-dikonversi.pdf

Download (60kB)
[img] Text
BAB 1-dikonversi.pdf

Download (112kB)
[img] Text
BAB 5-dikonversi.pdf

Download (16kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA-dikonversi (1).pdf

Download (78kB)

Abstract

Putri, Melisa. 2021. Analisis Kesulitan Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Daring di Era Pandemi (Studi Kasus Pada Siswa Kelas III Sekolah Dasar). Skripsi, Jurusan Pendidikan Anak Usia Dini dan Dasar, FKIP Universitas Jambi, Pembimbing (I) Dr. Eko Kuntarto, M.Pd., M.Comp.Eng., (II) Alirmansyah, S.Pd., M.Pd. Kata kunci: kesulitan belajar, pembelajaran daring Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kesulitan belajar siswa, faktor penyebab kesulitan belajar, dan cara mengatasi kesulitan belajar siswa dalam pembelajaran daring di era pandemi. Penelitian ini dilakukan di SD Negeri No. 058/XI Koto Dumo. Penelitian ini dilaksanakan pada tanggal 4 Januari sampai 5 Februari 2021. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis studi kasus yang bertujuan untuk mengungkapkan suatu kasus secara mendalam. Data dari penelitian ini diperoleh melalui pengamatan di kelas daring dan wawancara daring pada pihak yang terkait. Data tersebut kemudian dianalisis dengan mereduksi dan mengklasifikasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kesulitan belajar siswa kelas III dalam pembelajaran daring yaitu kesulitan dalam pemahaman materi pembelajaran, kesulitan menemukan tutor yang memahami materi pembelajaran, dan kesulitan konsentrasi belajar. Faktor penyebab kesulitan belajar yaitu alat atau fasilitas belajar seperti terkendala sinyal saat pembelajaran daring, belum memiliki gadget sendiri, keterbatasan kuota internet, penyebab kesulitan karena malas dan bosan, dan rendahnya dukungan atau pendampingan orang tua. Cara mengatasi kesulitan belajar yaitu menciptakan metode dan strategi belajar daring yang menarik, pendampingan orang tua dalam proses pembelajaran anak, dan Mencari lokasi atau area full wifi Dari hasil penelitian ini disarankan agar guru dan orang tua dapat memberikan perhatian kepada siswa yang mengalami kesulitan belajar. Selain itu, guru dalam kegiatan pembelajaran agar menggunakan strategi mengajar yang bervariasi agar siswa lebih berminat untuk mengikuti proses pembelajaran yang dilaksanakan secara daring.

Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LA History of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD
Depositing User: Melisa Putri
Date Deposited: 23 Apr 2021 02:18
Last Modified: 23 Apr 2021 02:18
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/19413

Actions (login required)

View Item View Item