utia alisia, meysi (2021) UPAYA GURU DALAM MENERAPKAN KARAKTER DISIPLIN SISWA SEKOLAH DASAR DIMASA PANDEMI COVID-19. S1 thesis, Universitas Jambi.
![]() |
Text
Skripsi Meysi Utia Alisia A1D117184.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
![]() |
Text
cover.pdf Download (205kB) |
![]() |
Text
lembar pengesahan.pdf Download (36kB) |
![]() |
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (188kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (372kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (286kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA-WPS Office-dikonversi.pdf Download (89kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui upaya guru dalam menerapkan karakter disiplin siswa sekolah dasar dimasa pandemi covid-19 dengan rumusan masalah bagaimana upaya guru dalam menerapkan karakter disiplin siswa sekolah dasar dimasa pandemi covid-19. Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri 13/I Muara bulian pada bulan Januari-Februari 2021. Metode penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian Fenomenologi. Data dalam penelitian ini berupa deskripsi tentang upaya guru dalam menerapkan karakter disiplin siswa yang diperoleh melalui metode wawancara dan observasi sebagai data utama dan dokumentasi sebagai data penunjang. Dengan subjek penelitian kepala sekolah, guru kelas V B dan perwakilan siswa kelas V B. Setelah dilakukan pengumpulan data, kemudian dilakukan analisis data secara kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa upaya yang digunakan guru dalam menerapkan karakter disiplin siswa sekolah dasar dimasa pandemi covid-19. Sudah terlaksana dengan baik. pada setiap indikator karakter disiplin yaitu dapat terlihat siswa menyelesaikan tugas dengan tepat waktu, berpakaian dengan sopan dan rapi, mematuhi aturan sekolah, dan mengumpulkan tugas dengan tepat waktu. Walaupun masih ada beberapa siswa yang tidak menerapkan karakter disiplin dengan baik tapi sebagian besarnya diterapkan dengan baik. Kesimpulan yang didapat dari penelitian ini bahwa SD N 13/I Muara Bulian di kelas V B siswa sudah menerapkan karakter disiplin dengan baik tetapi masih ada beberapa yang belum tentunya ada penanganan atau upaya dari guru. upaya guru dalam menerapkan karakter disiplin didapat dari hasil observasi dan wawancara, guru menggunakan upaya keteladanan dan pembiasaan. upaya keteladanan adalah memberikan contoh melalui tindakan-tindakan yang baik sehingga diharapkan menjadi panutan bagi siswa sedangkan upaya dengan pembiasaan yang dadalah dimana seorang guru harus membiasakan siswa untuk patuh terhadap aturan yang berlaku.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LA History of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD |
Depositing User: | MEYSI UTIA ALISIA |
Date Deposited: | 21 Apr 2021 02:32 |
Last Modified: | 21 Apr 2021 02:32 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/19450 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |