PROBLEMATIKA GURU DALAM PEMBELAJARAN TEMATIK TERPADU SECARA DARING DI KELAS III SEKOLAH DASAR NEGERI 31/IV KOTA JAMBI

Dwinta, Irma and Destrinelli, Destrinelli and Budiono, Hendra (2021) PROBLEMATIKA GURU DALAM PEMBELAJARAN TEMATIK TERPADU SECARA DARING DI KELAS III SEKOLAH DASAR NEGERI 31/IV KOTA JAMBI. S1 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
IRMA DWINTA (A1D117209).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
COVER.pdf

Download (519kB)
[img] Text
HALAMAN PERSETUJUAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (302kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (191kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (189kB)

Abstract

ABSTRAK Dwinta, Irma. 2021. Problematika Guru Dalam Pembelajaran Tematik Terpadu Secara Daring di Kelas III Sekolah Dasar Negeri 31/IV Kota Jambi: Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Pendidikan Anak Usia Dini dan Dasar, FKIP Universitas Jambi, Pembimbing: (I) Dr. Dra. Destrinelli, M.Pd (II) Hendra Budiono, S.Pd, M.Pd. Kata kunci: Pembelajaran Daring, Pembelajaran Tematik Terpadu, Problematika Guru. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan problematika guru dalam melaksanakan pembelajaran tematik terpadu secara daring. Penelitian ini akan mendeskripsikan bagaimana problematika yang dirasakan oleh guru dalam melaksanakan pembelajaran tematik terpadu secara daring di kelas III Sekolah Dasar. Metode penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian fenomenologi. Penelitian ini dilaksanakan di Sekolah Dasar Negeri 31/IV Kota Jambi pada bulan Januari s.d Februari 2021. Data dalam penelitian ini berupa deskripsi tentang problematika guru dalam pembelajaran tematik terpadu secara daring melalui metode wawancara dan observasi serta dokumentasi sebagai pendukung. Dengan subjek penelitian adalah guru kelas III yaitu kelas III A dan III B. Hasil penelitian menunjukkan pembelajaran tematik terpadu yang dilaksanakan secara daring terdapat problematika dalam pelaksanaannya. Pembelajaran dilaksanakan melalui aplikasi Whatsapp. Terdapat problematika atau permasalahan mulai dari kemampuan guru dalam menyesuaikan teknologi untuk melaksanakan pembelajaran secara daring, kesulitan guru dalam mengembangkan media pembelajaran, kesulitan guru dalam memadukan berbagai muatan pembelajaran menjadi satu keterpaduan yang utuh sehingga dalam penyampaian materi guru menyampaikan secara terpisah, kecendrungan guru menyampaikan materi menggunakan metode penugasan karena sulit menerapkan metode pembelajaran yang bervariasi, keterbatasan waktu dan pembelajaran yang tidak dilaksanakan secara langsung sehingga pembelajaran menjadi membosankan dan siswa tidak terlibat aktif dalam mengikuti pembelajaran, terdapat siswa yang tidak memiliki smartphone sendiri, kemudian tidak semua orangtua dan siswa dapat memanfaatkan teknologi, sebagian siswa tidak mendapatkan bantuan kuota dari kemendikbud selain itu jaringan internet yang tidak selalu stabil sehingga pembelajaran tidak sepenuhnya berjalan dengan lancar. Kesimpulan dari penelitian ini bahwa adanya peralihan pembelajaran secara langsung menjadi pembelajaran secara daring dijumpai kendala atau masalah khususnya dalam pelaksanaan pembelajaran tematik terpadu sehingga pelaksanaan pembelajaran belum sepenuhnya berjalan dengan lancar.

Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LA History of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD
Depositing User: IRMA DWINTA
Date Deposited: 20 Apr 2021 12:00
Last Modified: 20 Apr 2021 12:00
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/19519

Actions (login required)

View Item View Item