Nurlillahi, Ajeng Aura (2021) Analisis Penerapan Metode Jarimatika Pada Perkalian Bilangan Bulat Secara Daring di Sekolah Dasar. S1 thesis, Universitas Jambi.
![]() |
Text
COVER 1.pdf Download (472kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (314kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (355kB) |
![]() |
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (417kB) |
![]() |
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (544kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (193kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (307kB) |
![]() |
Text
LAMPIRAN_compressed (1).pdf Download (811kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penerapan metode jarimatika pada perkalian bilangan bulat secara daring di sekolah dasar yaitu penerapan metode jarimatika, langkah-langkah jarimatika dan kendala dalam melaksanakan metode jarimatika secara daring. Penelitian ini dilakukan di SDIT Ahmad Dahlan Kota Jambi pada Januari-Februari 2021. Data yang diperoleh dalam penelitian ini berupa data tentang analisis penerapan metode jarimatika pada perkalian bilangan bulat secara daring di sekolah dasar. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif. Subyek penelitian ini yaitu guru kelas IIa. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Validitas isi instrumen diperiksa dengan teknik triangulasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis Miles and Hubermen. Hasil penelitian ini menunjukkan penerapan metode jarimatika pada perkalian bilangan bulat secara daring dilakukan dengan menggunakan alat peraga tangan yang dilakukan secara berulang-ulang melalui video call sehingga siswa mampu mengerjakan perkalian menggunakan metode jarimatika, guru mampu mengatasi kendala dalam pembelajaran dengan menggunakan metode jarimatika, dan guru mampu memahami metode jarimatika secara daring. Dengan teknik tersebut maka dapat disimpulkan bahwa metode jarimatika dapat meningkatkan mutu pembelajaran yaitu siswa mampu mengerjakan perkalian menggunakan jarimatika, guru mampu mengatasi kendala dalam pembelajaran dengan menggunakan metode jarimatika dan mampu memahami penerapan metode jarimatika secara daring. Hasil baik yang diperoleh ini merupakan buah dari kerja keras guru yang dibantu berbagai pihak lain.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LA History of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD |
Depositing User: | NURLILLAHI |
Date Deposited: | 27 Apr 2021 02:08 |
Last Modified: | 27 Apr 2021 02:08 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/19525 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |