ANALISIS PELAKSANAAN PEMBELAJARAN DI SEKOLAH DASAR PADA MASA PANDEMI

Erza, Dinda and Kuntarto, Eko and Hayati, Suci (2021) ANALISIS PELAKSANAAN PEMBELAJARAN DI SEKOLAH DASAR PADA MASA PANDEMI. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
HALAMAN PERSETUJUAN DAN PENGESAHAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (106kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (9kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (370kB)
[img] Text
SKRIPSI FULL DINDA ERZA (A1D117117).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Erza, Dinda. 2021. “Analisis Pelaksanaan Pembelajaran di Sekolah Dasar Pada Masa Pandemi”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Pendidikan Anak Usia Dini dan Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Jambi, Dosen Pembimbing (I) Dr. Eko Kuntarto, M.Pd. M.Comp. Eng., Pembimbing (II) Suci Hayati, S.Pd., M.Pd. Kata Kunci: Pembelajaran, Pelaksanaan pembelajaran, Pandemi Pembelajaran merupakan proses interaksi antara guru dan siswa serta sumber belajar di lingkungan belajar untuk mencapai suatu hasil yang optimal dari tujuan pembelajaran yang ditetapkan. Dengan munculnya pandemi covid-19 mengakibatkan kegiatan belajar mengajar yang semula dilaksanakan di sekolah kini menjadi belajar dari rumah melalui pembelajaran jarak jauh. Pelaksanaan pembelajaran pada masa pandemi dibagi menjadi tiga metode antara lain: pembelajaran daring (dalam jaringan/online), pembelajaran luring (luar jaringan) dan gabungan dari pembelajaran daring dan luring (blended learning). Meskipun kegiatan pembelajaran dilaksanakan melalui pembelajaran jarak jauh, guru tetap harus melaksanakan kegiatan pembelajaran dengan sistematis untuk mewujudkan proses pembelajaran yang efektif dan efisien yang dimulai dari perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi pembelajaran di sekolah dasar pada masa pandemi. Penelitian ini dilakukan di SD Negeri 13/I Muara Bulian pada semester genap. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian fenomenologi. Data dalam penelitian ini diperoleh melalui wawancara dan observasi. Informan pada penelitian ini yaitu guru kelas III B dan kepala sekolah. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pada tahap perencanaan pembelajaran, guru kelas menyiapkan RPP, media, materi dan metode pembelajaran sebelum memulai kegiatan pembelajaran. Pada tahap pelaksanaan, guru kelas melaksanakan kegiatan pembelajaran secara asinkronus yaitu tidak ada pertemuan virtual antara guru dan siswa. Pada pelaksanaan pembelajaran guru kelas menyampaikan materi melalui video pembelajaran yang dikirim pada whatsapp grup. Pada video pembelajaran terdapat langkah-langkah kegiatan pembelajaran yaitu kegiatan pendahuluan, inti dan penutup. Kemudian pada tahap evaluasi, penilaian pembelajaran dibagi menjadi tiga aspek, yaitu aspek pengetahuan, sikap, dan keterampilan. Berdasarkan hasil penelitian ini, disarankan agar guru lebih mengembangkan inovasi dan kreativitasnya sebagai guru profesional dalam pelaksanaan pembelajaran pada masa pandemi, agar kegiatan pembelajaran dapat berlangsung dengan efektif dan efisien.

Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LA History of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD
Depositing User: Dinda Erza
Date Deposited: 22 Apr 2021 06:52
Last Modified: 22 Apr 2021 06:52
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/19567

Actions (login required)

View Item View Item