Erza, Dinda and Kuntarto, Eko and Hayati, Suci (2021) ANALISIS PELAKSANAAN PEMBELAJARAN DI SEKOLAH DASAR PADA MASA PANDEMI. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.
![]() |
Text
COVER.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
HALAMAN PERSETUJUAN DAN PENGESAHAN.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (106kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (9kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (370kB) |
![]() |
Text
SKRIPSI FULL DINDA ERZA (A1D117117).pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
Erza, Dinda. 2021. “Analisis Pelaksanaan Pembelajaran di Sekolah Dasar Pada Masa Pandemi”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Pendidikan Anak Usia Dini dan Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Jambi, Dosen Pembimbing (I) Dr. Eko Kuntarto, M.Pd. M.Comp. Eng., Pembimbing (II) Suci Hayati, S.Pd., M.Pd. Kata Kunci: Pembelajaran, Pelaksanaan pembelajaran, Pandemi Pembelajaran merupakan proses interaksi antara guru dan siswa serta sumber belajar di lingkungan belajar untuk mencapai suatu hasil yang optimal dari tujuan pembelajaran yang ditetapkan. Dengan munculnya pandemi covid-19 mengakibatkan kegiatan belajar mengajar yang semula dilaksanakan di sekolah kini menjadi belajar dari rumah melalui pembelajaran jarak jauh. Pelaksanaan pembelajaran pada masa pandemi dibagi menjadi tiga metode antara lain: pembelajaran daring (dalam jaringan/online), pembelajaran luring (luar jaringan) dan gabungan dari pembelajaran daring dan luring (blended learning). Meskipun kegiatan pembelajaran dilaksanakan melalui pembelajaran jarak jauh, guru tetap harus melaksanakan kegiatan pembelajaran dengan sistematis untuk mewujudkan proses pembelajaran yang efektif dan efisien yang dimulai dari perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi pembelajaran di sekolah dasar pada masa pandemi. Penelitian ini dilakukan di SD Negeri 13/I Muara Bulian pada semester genap. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian fenomenologi. Data dalam penelitian ini diperoleh melalui wawancara dan observasi. Informan pada penelitian ini yaitu guru kelas III B dan kepala sekolah. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pada tahap perencanaan pembelajaran, guru kelas menyiapkan RPP, media, materi dan metode pembelajaran sebelum memulai kegiatan pembelajaran. Pada tahap pelaksanaan, guru kelas melaksanakan kegiatan pembelajaran secara asinkronus yaitu tidak ada pertemuan virtual antara guru dan siswa. Pada pelaksanaan pembelajaran guru kelas menyampaikan materi melalui video pembelajaran yang dikirim pada whatsapp grup. Pada video pembelajaran terdapat langkah-langkah kegiatan pembelajaran yaitu kegiatan pendahuluan, inti dan penutup. Kemudian pada tahap evaluasi, penilaian pembelajaran dibagi menjadi tiga aspek, yaitu aspek pengetahuan, sikap, dan keterampilan. Berdasarkan hasil penelitian ini, disarankan agar guru lebih mengembangkan inovasi dan kreativitasnya sebagai guru profesional dalam pelaksanaan pembelajaran pada masa pandemi, agar kegiatan pembelajaran dapat berlangsung dengan efektif dan efisien.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LA History of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD |
Depositing User: | Dinda Erza |
Date Deposited: | 22 Apr 2021 06:52 |
Last Modified: | 22 Apr 2021 06:52 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/19567 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |