Nelfira, Shella and Suhandi, Andi and Pamela, Issaura Sherly (2021) STRATEGI GURU DALAM PENGELOLAAN KELAS DARING SEKOLAH DASAR DI MASA PANDEMI. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.
![]() |
Text
COVER.pdf Download (412kB) |
![]() |
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (22kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (118kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (10kB) |
![]() |
Text
SKRIPSI SHELLA NELFIRA A1D117114 FULL.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
![]() |
Text
HALAMAN PERSETUJUAN.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf Download (1MB) |
Abstract
ABSTRAK Nelfira, Shella. 2021. Strategi Guru dalam Pengelolaan Kelas daring Sekolah Dasar Di Masa Pandemi: Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Pendidikan Anak Usia Dini dan Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Jambi, Dosen Pembimbing: (I) Drs. Andi Suhandi, S.Pd., M.Pd.I, (II) Issaura Sherly Pamela, S.Pd.,M.Pd. Kata Kunci: Strategi Guru, Pengelolaan Kelas Daring Pengelolaan kelas adalah usaha yang dilakukan guru dalam mengatur pembelajaran secara sistematis. Dimana usaha itu mengacu pada peraturan bahan ajar yang digunakan, metode pembelajaran, media pembelajaran, pengaturan waktu belajar siswa, pengaturan kondisi belajar, dan ruang belajar, sehingga proses pembelajaran berlangsung dengan optimal dan kondusif. Pembelajaran daring adalah pembelajaran yang berlangsung dalam jaringan yang melibatkan antara pendidik dan pelajar yang tidak adanya tatap muka secara langsung. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang strategi guru dalam pengelolaan kelas daring sekolah dasar di masa pandemi. Ada beberapa strategi yang dapat digunakan dalam pengelolaan kelas daring, salah satunya adalah menetapkan peraturan kelas. Peraturan kelas adalah peraturan yang dibuat bersama-sama antara guru dengan siswa. Peraturan tersebut dibuat untuk menciptakan kedisiplinan anggota kelas dan juga diharapkan dapat mengurangi masalah yang timbul dalam kelas. Penelitian ini dilakukan di SD Negeri 13/I Muara Bulian pada semester genap. Pendekatan penelitian ini adalah kualitatif dengan jenis penelitian fenomenologi. Data penelitian ini diperoleh melalui wawancara langsung dengan guru kelas V B yang menjadi sumber utama dan kepala sekolah sebagai data pendukung. Observasi langsung secara daring dan luring serta dokumentasi sebagai data pendukung dari hasil wawancara dan observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat beberapa strategi dalam pengelolaan kelas daring di masa pandemi yaitu strategi mengatur pembelajaran, strategi menetapkan peraturan kelas, dan strategi pengelolaan masalah disiplin. strategi mengatur pembelajaran seperti menyiapkan RPP, bahan ajar, media, metode, dan jenis penilaian. Selanjutnya strategi menetapkan peraturan kelas seperti siswa tidak boleh terlambat mengumpulkan tugas. Ada tiga peraturan kelas yang ditetapkan guru saat pembelajaran daring. Peraturan tersebut dibuat untuk menciptakan kedisiplinan anggota kelas. Kemudian, strategi pengelolaan masalah disiplin seperti guru memberikan teguran dan hukuman jika siswa melanggar peraturan kelas. Penerapan hukuman diharapkan memberikan efek jera kepada siswa. Melalui data dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa ada tiga strategi yang digunakan guru kelas V B dalam pengelolaan kelas daring di masa pandemi yaitu strategi mengatur pembelajaran, strategi menetapkan peraturan kelas, dan strategi pengelolaan masalah disiplin.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LA History of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD |
Depositing User: | SHELLA NELFIRA |
Date Deposited: | 22 Apr 2021 06:52 |
Last Modified: | 22 Apr 2021 06:52 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/19569 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |