PEMBELAJARAN ONLINE MENGGUNAKAN MODEL CREATIVE PROBLEM SOLVING BERBASIS ETNOSAINS (CPS-E) PADA MATERI REDOKS DAN KORELASINYA DENGAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA

Ermayanti, Ika (2021) PEMBELAJARAN ONLINE MENGGUNAKAN MODEL CREATIVE PROBLEM SOLVING BERBASIS ETNOSAINS (CPS-E) PADA MATERI REDOKS DAN KORELASINYA DENGAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA. S1 thesis, Universitas jambi.

[img] Text
COVER IKA ERMAYANTI.pdf

Download (258kB)
[img] Text
ABSTRAK IKA ERMAYANTI.pdf

Download (184kB)
[img] Text
BAB I IKA ERMAYANTI.pdf

Download (318kB)
[img] Text
Bab V IKA ERMAYANTI.pdf

Download (185kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA IKA ERMAYANTI.pdf

Download (200kB)
[img] Text
PEMBELAJARAN ONLINE MENGGUNAKAN MODEL CREATIVE PROBLEM SOLVING BERBASIS ETNOSAINS.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (11MB)
[img] Text
HALAMAN PERSETUJUAN PEMBIMBING.pdf

Download (325kB)

Abstract

ABSTRAK Ermayanti, Ika. 2021. Pembelajaran Online menggunakan model Creative Problem Solving berbasis Etnosains (CPS-E) pada materi Redoks dan korelasinya dengan kemampuan berpikir kreatif siswa. Skripsi, Jambi : Program Studi Pendidikan Kimia, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Jambi. Kata kunci: Pembelajaran Online, Model CPS-E, Berpikir Kreatif, Redoks Penelitian ini dilatarbelakangi karena, pada pembelajaran materi redoks, siswa masih kurang aktif dan belum mampu mengungkapkan banyak gagasan dalam menyelesaikan masalah. Siswa hanya menerima materi dari guru. Guru juga tidak melibatkan informasi atau fenomena ilmiah yang terjadi dalam kehidupan sehari-hari. Sedangkan materi redoks banyak sekali dijumpai dalam kehidupan. Dampak pandemi Covid-19 menyebabkan pembelajaran dilakukan secara Online. Hal ini membuat siswa merasa sulit dalam belajar. Terlebih untuk belajar dengan praktikum langsung. Oleh karena itu diperlukan suatu model pembelajaran yang dapat memberikan kontribusi yang baik terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa. Salah satu inovasi model yang dapat digunakan ialah model CPS-E. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana pelaksanaan model CPS-E dan korelasinya dengan kemampuan berpikir kreatif siswa pada materi redoks di kelas X MIPA SMAN Titian Teras H. Abdurrahman sayoeti. Pendekatan yang digunakan pada penelitian ini adalah pendekatan campuran (Mix Method) jenis triangulasi konkuren. Teknik pengambilan sampel menggunakan Purposive Sampling. Instrumen penelitian yang digunakan berupa lembar observasi pelaksanaan model CPS-E oleh guru dan siswa serta tes essay berpikir kreatif siswa. Dengan memodifikasi sintak model CPS-E dengan pembelajaran Online. Korelasi pelaksanaan model CPS-E dengan kemampuan berpikir kreatif siswa dicari menggunakan rumus korelasi Product Moment. Hasil penelitian diperoleh nilai pelaksanaan pembelajaran online menggunakan model CPS-E oleh siswa sebesar 71% termasuk kategori baik. Nilai kemampuan berpikir kreatif siswa sebesar 72% termasuk kategori baik. Pengujian hipotesis diperoleh tingkat hubungan sebesar 0,71pada kategori kuat dengan tingkat pengaruh sebesar 50% pada kategori sedang. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa terdapat korelasi antara pembelajaran online menggunakan model CPS-E dengan kemampuan berpikir kreatif siswa.

Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Kimia
Depositing User: IKA ERMAYANTI
Date Deposited: 27 Apr 2021 03:05
Last Modified: 27 Apr 2021 03:05
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/19653

Actions (login required)

View Item View Item