UPAYA GURU MENANAMKAN KARAKTER TANGGUNG JAWAB DALAM PEMBELAJARAN DARING DI SEKOLAH DASAR

Supriadi, Riyan and Kuntarto, Eko and Hariandi, Ahmad (2021) UPAYA GURU MENANAMKAN KARAKTER TANGGUNG JAWAB DALAM PEMBELAJARAN DARING DI SEKOLAH DASAR. S1 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
COVER.pdf

Download (390kB)
[img] Text
PERSETUJUAN.pdf

Download (120kB)
[img] Text
PENGESAHAN.pdf

Download (229kB)
[img] Text
DAFTAR ISI (1).pdf

Download (196kB)
[img] Text
BAB I (1).pdf

Download (306kB)
[img] Text
BAB V (1).pdf

Download (286kB)
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (403kB)
[img] Text
SKRIPSI RIYAN SUPRIADI A1D117201-dikompresi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Supriadi, Riyan. 2021. Upaya Guru Menanamkan Karakter Tanggung Jawab di Sekolah Dasar: Skripsi, Jurusan Pendidikan Anak Usia Dini dan Dasar, FKIP Universitas Jambi, Pembimbing: (I) Dr. Eko Kuntarto, M.Pd.,M.Comp.Eng, (II) Ahmad Hariandi, S.Pd.I, M.Ag., Kata kunci: Upaya Guru, Karakter Tanggung Jawab, Pembelajaran Daring Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan apa sajakah upaya guru dalam menanamkan karakter tanggung jawab pada pembelajaran daring di sekolah dasar Tahun Pelajaran 2020/2021 dalam memahami Karakter tanggung jawab dalam pembelajaran daring. Penelitian ini dilakukan di Sekolah Dasar Negeri 66/IV Kota Jambi pada semester genap pada Januari 2021. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis fenomenologi. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi secara langsung, observasi dengan menggunakan media Whatsapp, zoom meeting, dan wawancara. Triangulasi data dalam penelitian ini menggunakan triangulasi metode. Hasil dari penelitan ini menunjukkan bahwa upaya yang dilakukan guru dalam menanamkan tanggung jawab dalam pembelajaran daring di kelas V A sekolah dasar yaitu dengan memahami karakter peserta didik tidak berkembang dengan kecepatan yang sama, menggunakan metode pendidikan karakter yang bervariasi, memberikan tugas, memodifikasi dan memperkaya bahan ajar, menggunakan prosedur yang bervariasi dalam membuat penilan dan laporan pendidikan karakter, serta mengusahakan keterlibatan peserta didik dalam berbagai kegiatan berkarakter Dari hasil penelitian ini disarankan kepada guru agar dapat mengupayakan menanamkan karakter tanggung jawab dalam pembelajaran daring sehingga karakter tanggung jawab siswa tetap dimiliki siswa meskipun dilaksanakan melalui pembelajaran daring. Dan selalu belajar untuk memilih metode pembelajaran yang bervariasi dan inovatif dalam kegiatan belajar mengajar pada masa pandemi Covid-19.

Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LA History of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD
Depositing User: Riyan supriadi
Date Deposited: 26 Apr 2021 06:37
Last Modified: 26 Apr 2021 06:37
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/19663

Actions (login required)

View Item View Item