Sari, Yuliana Nanda (2021) PEMAHAMAN SISWA TERHADAP KONSEP PECAHAN PADA SAAT PEMBELAJARAN DARING. S1 thesis, Universitas Jambi.
![]() |
Text
COVER_SKRIPSI[1].pdf Download (210kB) |
![]() |
Text
HALAMAN PENGESAHAN YULIANA.pdf Download (78kB) |
![]() |
Text
DAFTAR_ISI,_GAMBAR,_TABLE,_LAMPIRAN[1].pdf Download (199kB) |
![]() |
Text
BAB_I[1].pdf Download (393kB) |
![]() |
Text
BAB_V[1].pdf Download (183kB) |
Abstract
ABSTRAK Sari, Yuliana, Nanda. 2021. Pemahaman Siswa Terhadap Konsep Pecahan Pada Saat Pembelajaran Daring: Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Jurusan Pendidikan Anak Usia Dini dan Dasar, FKIP Universitas Jambi, Pembimbing: (I) Dr. Eko Kuntarto, M.Pd., M.Comp.Eng., (II) Muhammad Sofwan, S.Pd., M.Pd. Kata Kunci: Pemahaman, Konsep Pecahan Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masih terdapat siswa yang belum bisa menentukan antara pembilang dan penyebut dari pecahan dan melihat bilangan pecahan sebagai bilangan yang terpisah bukan sebagai bagian dari suatu keutuhan atau bagian dari keseluruhan objek yang ada. Pada pembelajaran daring guru kesulitan dalam memberikan pemahaman konsep pecahan kepada siswa dikarenakan keterbatasan interaksi antara guru dan siswa serta, sulitnya penggunaan media pembelajaran. Tujuan penelitian ini untuk: 1) Mengetahui persentase pemahaman siswa terhadap konsep pecahan pada saat pembelajaran daring, 2) Mendeskripsikan pemahaman siswa terhadap konsep pecahan pada saat pembelajaran daring di sekolah dasar. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif deskriptif. Data pada penelitian ini diperoleh menggunakan instrument berupa tes. Hasil tes kemudian dianalisis secara deskriptif persentase, sehingga didapat rata-rata persentase dari indikator pemahaman konsep. Hasil penelitian ini menunjukkan pemahaman siswa terhadap konsep pecahan pada saat pembelajaran daring di kelas IVA SD Negeri 197/IV Kota Jambi berdasarkan indikator pemahaman konsep yaitu, 1) Kemampuan siswa pada indikator menyatakan ulang konsep, diperoleh rata-rata persentase 59,78% yang berada pada kategori cukup, 2) Pada indikator kemampuan menyajikan konsep dalam berbagai bentuk representasi matematika, diperoleh rata-rata persentase 67,93% yang berada pada kategori cukup, 3) Pada indikator kemampuan mengembangkan syarat perlu atau syarat cukup suatu konsep, diperoleh rata-rata persentase 60,86% yang berada pada kategori cukup. Dari hasil penelitian disimpulkan: Pemahaman siswa terhadap konsep pecahan pada saat pembelajaran daring dengan rata-rata persentase 62,86% berada pada kategori cukup.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LA History of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD |
Depositing User: | YULIANA NANDA SARI |
Date Deposited: | 21 May 2021 06:43 |
Last Modified: | 21 May 2021 06:43 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/19827 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |