PANJAITAN, MILENICHA JANUARI (2021) INTEGRASI ETNOMATEMATIKA DALAM TPACK FRAMEWORK PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI SMP MATERI ARITMATIKA SOSIAL. S1 thesis, FKIP.
![]() |
Text
cover.pdf Download (502kB) |
![]() |
Text
hal pengesahan.pdf Download (2MB) |
![]() |
Text
daftar isi dll.pdf Download (457kB) |
![]() |
Text
bab 1.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
bab 5.pdf Download (986kB) |
Abstract
Panjaitan, Milenicha Januari. 2021. Integrasi Etnomatematika dalam TPACK Framework pada Pembelajaran Matematika di SMP Materi Aritmatika Sosial. Skripsi, Program Studi Pendidikan Matematika, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Jambi. Pembimbing: (I) Dr. Drs. Kamid, M.Si., (II) Yelli Ramalisa, S.Pd., M.Sc., Kata kunci : Etnomatematika, integrasi, model Problem Based Learning, aritmatika sosial, TPACK framework. Penelitian ini dilakukan di SMPN 14 Kota Jambi pada bulan Februari 2021. Penelitian dilakukan pada materi aritmatika sosial yang membutuhkan waktu 3 kali pertemuan yang dilaksanakan secara daring atau online karena dalam pandemic covid-19. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu adakah pengaruh dari integrasi etnomatematika dalam TPACK framework terhadap rerata hasil belajar ranah kognitif siswa SMP materi aritmatika sosial?. Penelitian ini bertujuan untuk melihat ada atau tidaknya perbedaan rerata hasil belajar ranah kognitif siswa yang menggunakan integrasi etnomatematika dalam TPACK framework dengan rerata hasil belajar ranah kognitif siswa yang tidak diintegrasikan etnomatematika, hanya TPACK framework saja. Data pada penelitian diperoleh dari hasil post-test siswa dan lembar keterlaksanaan pembelajaran yang telah divalidasi oleh validator. Quasi eksperimen pada penelitian ini menggunakan posttest-only control design. Pada kelas eksperimen dilaksanakan pembelajaran dengan integrasi etnomatematika dalam TPACK framework dengan model PBL, dimana TPACK framework ini akan diterapkan pada pembelajaran matematika siswa SMP materi aritmatika sosial, teknologi yang digunakan ialah zoom meeting dan whatsapp, LKPD yang berunsur etnomatematika dengan model ialah PBL. Sedangkan kelas kontrol menggunakan TPACK framework yang sama seperti kelas eksperimen namun tidak berunsur etnomatematika. Fokus penelitian ini terletak pada etnomatematika. Berdasarkan hasil keterlaksanaan aktivitas guru dan aktivitas siswa pada kelas eksperimen adalah 92% yang berkriteria sangat baik, sedangkan ada kelas kontrol 91,5% yang berkriteria sangat baik. rerata kelompok eksperimen 85,17 kelas kontrol 75,97. pada kolom t-test for Equality of Means diperoleh nilai sig. (2-tailed) adalah 0,023 <0,05, maka kriteria H0 ditolak dengan kepercayaan 95% sedangkan H1 diterima. Artinya terdapat perbedaan rerata hasil belajar (ranah kognitif) antara siswa kelas eksperimen yang menerapkan pembelajaran dengan integrasi etnomatematika dalam kerangka kerja TPACK dengan model pembelajaran PBL dan kelas kontrol yang menerapkan model pembelajaran PBL.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | MILENICHA JANUARI PANJAITAN |
Date Deposited: | 20 May 2021 06:43 |
Last Modified: | 20 May 2021 06:43 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/19875 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |