Alfia Netta, Nadia (2021) MINAT MEMPELAJARI FISIKA DAN HUBUNGANNYA DENGAN MISKONSEPSI SISWA PADA FLUIDA STATIS. S1 thesis, Pendidikan Fisika.
![]() |
Text
SKRIPSI_NADIA ALFIA NETTA_A1C317036.pdf Restricted to Repository staff only Download (6MB) |
![]() |
Text
COVER.pdf Download (19kB) |
![]() |
Text
Halaman Persetujuan dan Pengesahan.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (199kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (302kB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (184kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (421kB) |
Abstract
ABSTRAK Netta, Nadia.A. 2021. Minat Mempelajari Fisika dan Hubungannya dengan Miskonsepsi Siswa Pada Fluida Statis : Skripsi Program Studi Pendidikan Fisika, FKIP Universitas Jambi, Pembimbing (1) Drs Maison, M.Si., Ph.D., (II) Dwi Agus Kurniawan, S.Pd., M.Pd. Kata Kunci : Hubungan, Fluida Statis ,Minat ,Miskonsepsi Latar belakang penelitian ini dilakukan karena masih banyak siswa yang kurang memahami konsep fisika salah satunya pada materi fluida statis hal ini disebabkan karna kurangnya minat siswa dalam pembelajaran fisika. Hal tersebut dapat menyebabkan terjadinya miskonsepsi pada siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimanakah deskripsi minat siswa dalam mempelajari fisika dan miskonsepsi yang dialami pada materi fluida statis dan untuk mengetahui apakah terdapat hubungan yang signifikan antara minat mempelajari fisika dan miskonsepsi pada materi fluida statis siswa kelasa XI MIPA SMA Negeri 12 Kota Jambi Tahun Ajaran 2020/2021. Jenis Penelitian yang digunakan adalah penelitian campuran (Mix Method). Populasi dalam penelitian ini adalah kelas XI MIPA berjumlah 100 siswa. Pengumpulan data berupa instrument Angket dan Four Tier Diagnostic Test dilakukan melalui Google Form. Hasil penelitian menunjukkan bahwa minat belajar siswa kelas XI MIPA memiliki rata-rata persentase sebesar 71,06 % dan tingkat miskonsepsi yang terjadi pada kelas XI MIPA memiliki persentase rata-rata 9,655 %. Hasil wawancara dengan siswa menunjukkan bahwa siswa yang kurang berminat belajar fisika mengalami miskonsepsi pada fluida statis karna siswa tidak memahami konsep fisika. Miskonsepsi yang terjadi diduga dipengaruhi oleh faktor minat belajar siswa. Ditemukan korelasi sebesar -0,0324 yang artinya terdapat korelasi yang berlawanan antara minat belajar dan tingkat miskonsepsi siswa, yaitu semakin rendah minat belajar siswa maka miskonsepsi siswa akan semakin tinggi.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Depositing User: | NETTA |
Date Deposited: | 11 Jun 2021 07:10 |
Last Modified: | 11 Jun 2021 07:10 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/20392 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |