PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN IPA TERPADU BERBASIS ETNOSAINS PADA MATERI BESARAN, SATUAN, DAN PENGUKURAN KELAS VII SMP

Novelyya, Siska (2021) PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN IPA TERPADU BERBASIS ETNOSAINS PADA MATERI BESARAN, SATUAN, DAN PENGUKURAN KELAS VII SMP. S1 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
SKRIPSI FULL TEXT.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img] Text
COVER.pdf

Download (13kB)
[img] Text
HALAMAN PERSETUJUAN.pdf

Download (119kB)
[img] Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (143kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (184kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (435kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (190kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (419kB)

Abstract

ABSTRAK Novelyya, Siska. 2021. Pengembangan Perangkat Pembelajaran IPA Terpadu Berbasis Etnosains pada Materi Besaran, Satuan, dan Pengukuran Kelas VII SMP: Skripsi, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, FKIP Universitas Jambi, Pembimbing: (I) Dra. Jufrida, M.Si., (II) Haerul Pathoni, S.Pd., M.PFis. Kata Kunci: perangkat pembelajaran, IPA, etnosains Salah satu peran guru dalam mempersiapkan pembelajaran, yaitu dengan mendesain perangkat pembelajaran untuk digunakan pada proses pembelajaran. Etnosains merupakan memadukan antara ilmu pengetahuan asli dengan ilmu pengetahuan ilmiah. Salah satu bentuk ilmu pengetahuan asli yang dapat dikaitkan, yakni mengenai kearifan lokal. Kearifan lokal dapat dijadikan sebagai sumber belajar IPA yang menarik, serta menambah pengetahuan siswa mengenai nilai-nilai kebudayaan di suatu daerah. Berdasarkan hasil angket studi pendahuluan di SMP Negeri 18 Kota Jambi, terdapat 51,41% siswa belum mampu menemukan kaitan konsep pembelajaran IPA dengan kearifan lokal yang terdapat di Jambi. Hal tersebut dikarenakan masih kurangnya wawasan siswa mengenai kearifan lokal Jambi, dan perangkat pembelajaran yang digunakan oleh guru belum berbasis kearifan lokal Jambi. Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk mengembangkan perangkat pembelajaran IPA berbasis etnosains pada materi besaran, satuan, dan pengukuran kelas VII SMP. Model pengembangan yang digunakan adalah model PLOMP, yang terdiri dari tahapan Preliminary Research, Development or Prototyping Phase, dan Assessment Phase.. Perangkat pembelajaran yang telah dikembangkan selanjutnya dilakukan validasi oleh ahli materi, ahli media, dan guru untuk mengetahui tingkat kelayakan perangkat pembelajaran. Hasil pengembangan ini berupa perangkat pembelajaran IPA terpadu berbasis etnosains pada materi besaran, satuan, dan pengukuran kelas VII SMP, yang terdiri dari silabus, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), Lembar Kerja Siswa (LKS), lembar evaluasi, soal pilihan ganda dan esai. Adapun tingkat kelayakan perangkat pembelajaran yang telah dilakukan validasi oleh ahli materi, ahli media, dan guru, diperoleh hasil untuk silabus sebesar 92,22%, RPP sebesar 90,99%, LKS sebesar 90,93%, soal pilihan ganda sebesar 98,89%, dan soal esai sebesar 97,77%. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, maka diperoleh kesimpulan bahwa produk perangkat pembelajaran IPA terpadu berbasis etnosains pada materi besaran, satuan, dan pengukuran kelas VII SMP layak untuk digunakan.

Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Fisika
Depositing User: NOVELYYA
Date Deposited: 11 Jun 2021 07:11
Last Modified: 11 Jun 2021 07:11
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/20395

Actions (login required)

View Item View Item