PENGARUH E-COMMERCE DAN PENDIDIKAN KEWIRAUSAHAAN TERHADAP MINAT BERWIRAUSAHA SISWA KELAS XI DI SMK REVANY INDRA PUTRA KOTA JAMBI

NOFRIDIANTI, AULIA (2021) PENGARUH E-COMMERCE DAN PENDIDIKAN KEWIRAUSAHAAN TERHADAP MINAT BERWIRAUSAHA SISWA KELAS XI DI SMK REVANY INDRA PUTRA KOTA JAMBI. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.

[img] Text
COVER.pdf

Download (198kB)
[img] Text
halaman pengesahan.pdf

Download (912kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (198kB)
[img] Text
BAB 1 SKRIPSI-converted.pdf

Download (159kB)
[img] Text
BAB V SKRIPSI-converted.pdf

Download (19kB)

Abstract

Penelitian ini berdasarkan data observasi awal mengenai masalah kurangnya minat dalam berwirausaha pada siswa kelas XI di SMK Revany Indra Putra Kota Jambi disebabkan belum memahami secara luas mengenai kewirausahaan. oleh karena itu, pentingnya siswa untuk mengenal representasi konsep ekonomi di era digital yaitu e-commerce dan belajar pendidikan kewirausahaan (PKWU). Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh yang signifikan antara: (1) E-commerce terhadap minat berwirausaha siswa kelas XI, (2) Pendidikan kewirausahaan terhadap minat berwirausaha siswa kelas XI, dan (3) E-commerce dan pendidikan kewirausahaan terhadap minat berwirausaha siswa kelas XI. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan kuantitatif deskriptif. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 94 sorang yaitu siswa kelas XI. Pengujian analisis menggunakan analisis deskriptif, uji normalitas, uji linearitas, uji multikolioneritas, uji heteroskedastisitas, dan analisis regresi berganda. Uji hipotesis yang digunakan adalah uji parsial dan uji simultan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Terdapat pengaruh e-commerce terhadap minat berwirausaha dilihat dari pada nilai thitung 6,771 > ttabel 1,66159. (2) Terdapat pengaruh pendidikan kewirausahaan terhadap minat berwirausaha dilihat dari pada nilai thitung 7,024 > ttabel 1,66159. (3) Terdapat pengaruh secara simultan e-commerce dan pendidikan kewirausaan terhadap minat berwirausaha berdasarkan analisis data yang diperoleh dari Fhitung 61,600 > 3,10 Ftabel dan nilai koefisien terminasi (R2) sebesar 0,575 yang berarti dapat disimpulkan kontribusi atau sumbangsih yang diberikan e-commerce dan pendidikan kewirausahaan terhadap minat berwirausaha sebesar 57,5% dan sedangkan sisanya 43,5 % dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dijelaskan pada penelitian ini. Berdasarkan hasil penelitian yang telah ditemukan, dapat dapat disimpulkan bawah e-commerce dan pendidikan kewirausahaan secara simultan berpengaruh terhadap minat berwirausaha siswa kelas XI di SMK Revany Indra Putra Kota Jambi.

Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: AULIA NOFRIDIANTI
Date Deposited: 17 Jun 2021 03:39
Last Modified: 17 Jun 2021 03:39
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/20782

Actions (login required)

View Item View Item