Fitriwati, Fitriwati (2021) ANALISIS PERKEMBANGAN EMOSIONAL ANAK USIA 5-6 TAHUN SELAMA PEMBELAJARAN DARING PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI TK AL-AZHAR KOTA JAMBI. S1 thesis, Universitas Jambi.
![]() |
Text
FITRIWATI SELESAI.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
![]() |
Text
HALAMAN JUDUL.pdf Download (19kB) |
![]() |
Text
PENGESAHAN DAN PERSETUJUAN.pdf Download (230kB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (234kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (142kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (115kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (21kB) |
Abstract
Berdasarkan pengamatan yang dilakukan peneliti pada tanggal 12 oktober 2020 saat PLP di TK Al-Azhar Kota Jambi pada anak usia 5-6 tahun yaitu ada beberapa anak dikelompok B yang hanya diam tanpa mengeluarkan ekspresi. Pada saat guru meminta anak menirukan gerakan burung, anak hanya diam dan tidak mau melakukan gerakan tersebut. terkadang ada juga anak yang menangis ketika pembelajaran daring dimulai. Anak-anak lebih tertarik kepada mainan yang ada disekitarnya. Ketika memberikan tugas anak tidak menyelesaikannya dengan baik. Tujuan penelitian dalam skripsi ini yaitu: 1) Untuk mengetahui kualitas perkembangan emosional anak usia 5-6 tahun selama pembelajaran daring pada masa pandemi COVID-19 di TK Al-Azhar Kota Jambi dari segi kesadaran diri, 2) Untuk mengetahui kualitas perkembangan emosional anak usia 5-6 tahun selama pembelajaran daring pada masa pandemi COVID-19 di TK Al-Azhar Kota Jambi dari segi rasa tanggung jawab untuk diri sendiri dan orang lain. Jenis penelitian pada penelitian ini yaitu penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Populasi pada penelitian ini seluruh orang tua anak yang di Tk al-azhar kota jambi yang berjumlah 84 orang. Sampel penelitian ini 42 orang tua anak menggunakan teknik random sampling, teknik pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi. Teknik analisis data penelitian ini menggunakan teknik persentase. Berdasarkan hasil pengolahan data, analisis perkembangan emosional pada indikator kesadaran diri selama pembelajaran daring pada masa pandemi COVID-19 di tk al-azhar kota jambi berada pada kualitas yang “Sangat Baik” (92%). Analisis perkembangan emosional pada indikator pengambilan keputusan yang bertanggung jawab selama pembelajaran daring pada masa pandemi COVID-19 di tk al-azhar kota jambi berada pada kualitas yang “Sangat Baik” (89.2%) Kesimpulan pada penelitin ini yaitu perkembangan emosional anak usia 5-6 tahun selama pembelajaran daring pada masa pandemi COVID-19 di TK Al-Azhar Kota secara umum berada pada kualitas yang “Sangat Baik” yaitu 89.2%
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PG-PAUD |
Depositing User: | Fitriwati |
Date Deposited: | 17 Jun 2021 07:06 |
Last Modified: | 17 Jun 2021 07:06 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/20799 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |