Wulandari, Ulin Ayu (2021) Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning dengan Scaffolding di Masa Pandemi Covid untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kreatif Pada Materi Redoks di Kelas X MIPA SMAN 11 Muaro Jambi. S1 thesis, Pendidikan Kimia.
![]() |
Text
SKRIPSI_ULIN AYU WULANDARI_A1C117024.pdf Restricted to Repository staff only Download (5MB) |
![]() |
Text
COVER.pdf Download (170kB) |
![]() |
Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf Download (290kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (278kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (144kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA-dikompresi.pdf Download (42kB) |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh keterampilan berpikir kreatif siswa yang masih rendah karena proses pembelajaran yang masih berpusat pada guru sehingga siswa hanya menerima dan menghafal konsep tanpa memahami dan tidak mengkaitkannya dengan kehidupan sehari-hari. Model pembelajaran yang dapat digunakan untuk meningkatkan kemampuan tersebut adalah model Problem Based Learning (PBL). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh model PBL dengan scaffolding terhadap keterampilan berpikir kreatif siswa. Keterampilan berpikir kreatif adalah kemampuan seseorang untuk menciptakan sesuatu yang baru yang terdiri dari beberapa aspek yaitu kepekaan (sensitivity), kelancaran (fluency), keluwesan (flexibility), keaslian (originality), dan elaborasi (elaboration). Jenis penelitan ini adalah Quasi-Eksperimen. Pemilihan sampel dalam penelitian ini dipilih dengan teknik purposive sampling. Kelas X MIPA 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas X MIPA 2 sebagai kelas kontrol. Instrument dalam penelitian ini berupa tes essay, lembar observasi keterampilan berpikir kreatif dan angket penilaian diri. Untuk melihat perbedaan keterampilan berpikir kreatif siswa melalui model PBL dengan scaffolding dan PBL biasa diuji dengan menggunakan uji t. Sebelum dilakukan uji t, terlebih dahulu dilakukan uji normalitas dan uji homogenitas untuk mengetahui bahwa data berdistribusi normal dan homogen. Berdasarkan hasil pengolahan data dengan uji dengan uji Liliefors diketahui bahwa data berdistribusi normal dengan Lhitung < Ltabel, serta ppengolahan data dengan uji Fisher diketahui bahwa data homogeny dengan Fhitung < Ftabel. Selain itu, diperoleh perhitungan uji t yaitu thitung = 7.4861 > ttabel = 1.6746 dengan taraf nyata α = 5%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh positif model PBL dengan scaffolding terhadap keterampilan berpikir kreatif siswa pada materi redoks di kelas X MIPA 1 SMAN 11 Muaro Jambi.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Ulin Ayu Wulandari |
Date Deposited: | 18 Jun 2021 03:48 |
Last Modified: | 18 Jun 2021 03:48 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/20951 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |