Mesra, Putrina (2021) FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MINAT BELAJAR SISWA DI MASA PANDEMI. S1 thesis, Universitas Jambi.
![]() |
Text
SKRIPSI SETELAH SIDANG BARU.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
![]() |
Text
COVER - LAMPIRAN.pdf Download (652kB) |
![]() |
Text
HALAMAN PERSETUJUAN.pdf Download (178kB) |
![]() |
Text
DAFTAR IS1.pdf Download (101kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (194kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (92kB) |
Abstract
ABSTRAK Mesra, Putrina. 2021. Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Belajar Siswa Di Masa Pandemi. Pembimbing I Dr. Eko Kuntarto, M. Pd. M.Comp.Eng. Pembimbing II Drs. Faizal Chan, S.Pd., M.Si Kata Kunci : Faktor Internal, Faktor Eksternal, Minat Belajar Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor apa saja yang mempengaruhi minat belajar siswa pada masa pandemi di SD Negeri 13/1 Muara Bulian. Pendekatan dalam penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif Sedangkan jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah jenis penelitian studi kasus. Penelitian ini dilakukan di SD Neeri 13/1 Muara Bulian yang terletak di Jl. Raden Mataher RT 01 RW 01 Rengas Condong. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Data dalam penelitian ini adalah deskripsi yang diperoleh melalui observasi dan wawancara dengan informan mengenai faktor-faktor yang mempengaruhi minat belajar siswa di masa pandemi. Responden dalam penelitian ini yaitu guru, siswa dan orang tua siswa kelas I B SD Negeri 13/I Muara Bulian. Berdasarkan hasil penelitian ini menunjukkan yaitu: (1) Pada faktor internal yang mempengaruhi minat belajar siswa pada masa pandemi meliputi rasa senang dan ketertarikan siswa saat mengikuti proses pembelajaran. Siswa merasa senang dan tertarik mengikuti proses pembelajaran. Dukungan dari orang tua siswa merupakan salah satu motivasi di luar diri siswa. Siswa menjadi termotivasi untuk mengikuti pembelajaran di sekolah dengan mendapat dukungan dari orang tuanya. (2) Faktor eksternal yang mempengaruhi minat belajar siswa pada masa pandemi meliputi sarana prasarana, guru, dan orang tua siswa. Sarana dan prasarana yang mendukung kegiatan proses pembelajaran meliputi akases jaringan internet, handphone untuk menunjang kegiatan belajar mengajar, dan alat tulis siswa lainnya. Lingkungan sekolah termasuk dalam faktor eksternal yang dapat mempengaruhi proses belajar seorang siswa. Guru memberikan motivasi siswa supaya berminat mengikuti proses pembelajaran dengan selalu memberikan materi pembelajaran yang menarik. Orang tua memberikan fasilitas untuk belajar anak, agar kegiatan belajar dapat berjalan dan anak semakin semangat dalam belajar, yang nantinya memudahkan anak dalam menguasai materi belajar.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LA History of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD |
Depositing User: | PUTRINA MESRA |
Date Deposited: | 23 Jun 2021 03:14 |
Last Modified: | 23 Jun 2021 03:14 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/21586 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |