Strategi Guru Dalam Mengembangkan Karakter Tanggung Jawab Siswa Sekolah Dasar

Nur Ariyanti, Irma (2021) Strategi Guru Dalam Mengembangkan Karakter Tanggung Jawab Siswa Sekolah Dasar. S1 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
Cover.pdf

Download (327kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (90kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (268kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (148kB)
[img] Text
PENGESAHAN.pdf

Download (212kB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh strategi guru yang digunakan dalam mengembangkan karater tanggung jawab di sekolah dasar. Pendidikan karater diperlukan karena untuk membentuk pribadi peserta didik sejak usia dini. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskrisikan strategi guru dalam mengembangkan karakter tanggung jawab siswa sekolah dasar. Penelitian ini menggunakan pendekatan keulitatif dengan jenis penelitian fenomenologi. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data berupa observasi mengenai strategi yang digunakan guru dan tanggung jawab peserta ddik yang ada dikelas IVC SD Negeri 76/IX Mendalo Darat, sedangkan wawancara dilakukan secara mendalam mengenai strategi guru dalam mengembangkan karakter tanggung jawab. Hasil observasi menyatakan bahwa guru telah menggunakan strategi untuk mengembangkan karakter tanggung jawab, sehigga dapat terlihat peserta didik yang memiliki tanggung jawab yang baik, dapat dibuktikan dari kegiatan peserta didik di sekolah seperti melakukan piket kebersihan kelas, datang tepat waktu, menggunakan pakaian yang rapi, dan bertanggung jawab atas tugasnya. Untuk hasil wawancara menyatakan bahwa strategi yang digunakan guru yaitu dengan melakukan kegiatan pembelajaran beripa kegiatan pendahuluan, inti dan penutup sedangkan untuk bedaya sekolah kegiatan yang dilakukan adalah kegiatan rutin, kegiatan spontan, keteladanan dan pengkondisian.

Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LA History of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD
Depositing User: IRMA NUR ARIYANTI
Date Deposited: 02 Jul 2021 03:24
Last Modified: 02 Jul 2021 03:24
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/21831

Actions (login required)

View Item View Item