PENGARUH KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DAN PERAN KOMITE SEKOLAH TERHADAP KINERJA GURU SD NEGERI DI KABUPATEN SAROLANGUN

ABIDIN, MUHAMMAD ZAINAL (2021) PENGARUH KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DAN PERAN KOMITE SEKOLAH TERHADAP KINERJA GURU SD NEGERI DI KABUPATEN SAROLANGUN. S2 thesis, Manajemen Pendidikan.

[img] Text
Tesis Muhammad Zainal Abidin (P2A219001).pdf

Download (1MB)
[img] Text
HALAMAN PERSETUJUAN PEMBIMBING-dikonversi.pdf

Download (68kB)
[img] Text
ABSTRAK-dikonversi.pdf

Download (10kB)
[img] Text
1.5 BAB V_Akhir-dikonversi.pdf

Download (11kB)
[img] Text
1.6 DAFTAR PUSTAKA-dikonversi.pdf

Download (80kB)

Abstract

ABSTRAK PENGARUH KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DAN PERAN KOMITE SEKOLAH TERHADAP KINERJA GURU SD NEGERI DI KABUPATEN SAROLANGUN Oleh : Muhammad Zainal Abidin P2A219001 (Program Studi Magister Manajemen Pendidikan) Penelitian ini dilatar belakangi oleh karena Kepala sekolah dasar di Kabupaten Sarolangun belum seluruhnya menjalankan peran dan fungsi sebagai kepala sekolah. Kepala sekolah belum optimal dalam meningkatkan kinerja guru. Guru kurang disiplin dalam menjalankan tugas belajar mengajar di kelas. Kurangnya motivasi guru dalam meningkatkan kualitas diri. Komite sekolah belum seluruhnya menjalankan peran dan fungsinya. Komite sekolah tidak aktif dalam perkembangan sekolah. Kurangnya sarana dan prasarana dalam pembelajaran di sekolah.. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh kepemimpinan kepala sekolah dan peran komite sekolah secara simultan terhadap kinerja guru SD Negeri di Kabupaten Sarolangun. Penelitian ini merupakan penelitian asosiatif. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif. Lokasi penelitian dilaksanakan di SD Negeri yanga ada di Kabupaten Sarolangun. Populasi penelitian adalah Kepala Sekolah, Ketua Komite Sekolah, dan Guru. Instrumen yang digunakan dalam pengambilan data adalah angket. Analisis data yang dilaksanakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata variabel kinerja guru adalah sebesar 67,94, kepemimpinan kepala sekolah sebesar 68,09, dan Komite Sekolah sebesar 112,25. Hasil uji F adalah sebesar 74,239 dengan nilai signifikansi sebesar 0,000. Hasil uji t menunjukkan nilai sebesar 5,830 (variabel kepemimpinan kepala sekolah), dan 7,186 (peran komite sekolah), sedangkan nilai signifikansi untuk kedua variabel tersebut adalah 0,000. Nilai koefisien determinasi adalah sebesar 0,837. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa, kinerja guru cukup baik, kepemimpinan kepala cukup baik, dan peran komite sekolah baik. Kepemimpinan kepala sekolah dan peran komite sekolah baik secara simultan maupun parsial memberikan pengaruh yang signifikan terhadap kinerja guru. Kata Kunci : Kepemimpinan, Kepala Sekolah, Peran, Komite Sekolah, Kinerja Guru

Type: Thesis (S2)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Pascasarjana > Manajemen Pendidikan
Depositing User: MUHAMMAD ZAINAL ABIDIN
Date Deposited: 01 Jul 2021 06:57
Last Modified: 01 Jul 2021 06:57
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/22174

Actions (login required)

View Item View Item