PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI IPS SMA NEGERI 5 KOTA JAMBI

SAPUTRA RIFA, ANGGUN (2021) PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI IPS SMA NEGERI 5 KOTA JAMBI. S1 thesis, pendidikan ekonomi.

[img] Text
SKRIPSI ANGGUN RIFA SAPUTRA NIM A1A110068.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)
[img] Text
COVER PIPI.pdf

Download (23kB)
[img] Text
abstrak.pdf

Download (263kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (246kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (194kB)
[img] Text
19.DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (77kB)
[img] Text
Doc1.pdf

Download (501kB)

Abstract

Rifa Saputra, Anggun, 2018 “Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD terhadap Hasil belajar Ekonomi Siswa Kelas XI IPS SMA Negri 5 Kota jambi”. Skripsi Jurusan P.IPS FKIP Universitas Jambi. Pembimbing I Prof. Dr. H. Rahmat Murboyono, M.Pd, Pembimbing II Siti Syuhada, S.Pd. ME. Kata Kunci : Model pembelajaran Kooperatif Tipe STAD, Hasil Belajar Penyebab rendahnya ketuntasan belajar pada mata pelajaran ekonomi karena model pembelajaran yang digunakan dikelas tidak tepat dan kurangnya media pembelajaran sehingga mengakibatkan siswa kurang tertarik untuk belajar dan berimplikasi pada kurangnya pemahaman siswa terhadap materi dan hasil belajar itu sendiri. Tujuan dilakukanya penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran Kooperatif Tipe STAD terhadap hasil belajar Ekonomi siswa kelas XI IPS SMA negri 5 Kota jambi. Agar penelitian ini tidak menyimpang dari tujuan masalah yang ingin diteliti, maka perlu adanya pembatasan masalah sebagai berikut: Penelitian ini akan dilaksanakan di SMA Negri 5 Kota Jambi kelas XI IPS semester Ganjil tahun pelajaran 2016/2017. Mata pelajaran yang akan diteliti yaitu mata pelajaran ekonomi pada materi Pembangunan Ekonomi dan Pertubuhan Ekonomi khususnya membahas bagian tujuan pembangunan ekonomi, factor-faktor yang mempengaruhi pembangunan ekonomi, kebijakan dan strategi pembangunan ekonomi, teori pertumbuhan ekonomi. Model pembelajaran yang digunakan dalam penelitian ini yaitu model pembelajaran kooperatif Tipe STAD. Penelitian ini menggunakan pendekatan eksperimen semu dengan bentuk desain pretest-postest control group comparisian design. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS 5 sebagai kelas eksperimen dan XI IPS 3 sebagai kelas kontrol dengan analisis data hasil belajar menggunakan uji t-test. Hasil penelitian ini menyatakan bahwa hasil belajar siswa kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan dengan hasil belajar siswa kelas kontrol dan diketahui bahwa t_hitung > t_tabel yaitu 5,048 >2,039 sehingga Ho ditolak dan Ha diterima. Sehingga dapat disimpulkan terdapat pengaruh penggunaan model pembelajaran Kooperatif tipe STAD terhadap hasil belajar ekonomi siswa kelas XI IPS SMA Negri 5 Kota jambi.

Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Pascasarjana > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: SAPUTRA
Date Deposited: 02 Jul 2021 03:37
Last Modified: 02 Jul 2021 03:37
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/22221

Actions (login required)

View Item View Item