PENGEMBANGAN e-MODUL BERBASIS POE (PREDICT-OBSERVE-EXPLAIN) UNTUK MENINGKATKAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATERI LARUTAN ELEKTROLIT DAN NON ELEKTROLIT

Istiana, Mita (2021) PENGEMBANGAN e-MODUL BERBASIS POE (PREDICT-OBSERVE-EXPLAIN) UNTUK MENINGKATKAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATERI LARUTAN ELEKTROLIT DAN NON ELEKTROLIT. S1 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
SKRIPSI MITA ISTIANA_compressed.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (7kB)
[img] Text
COVER.pdf

Download (186kB)
[img] Text
PENGESAHAN.pdf

Download (273kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (7kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (405kB)
[img] Text
BAB 5.pdf

Download (185kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (302kB)

Abstract

ABSTRAK Istiana, Mita, 2021. Pengembangan e-Modul Berbasis POE (Predict-Observe-Explain) untuk Meningkatkan Berpikir Kritis Siswa pada Materi Larutan Elektrolit dan Non Elektrolit. Skripsi. Program Studi Sarjana Pendidikan Kimia, Universitas Jambi. Pembimbing (1) Dr. Drs. Haryanto, M.Kes., (II) Aulia Sanova, S.T., M.Pd. Kata Kunci: e-Modul, POE (Predict-Observe-Explain), Kemampuan Berpikir Kritis, Larutan Elektrolit dan Non Elektrolit. Modul elektronik atau e-modul merupakan bahan ajar yang ditampilkan dalam format elektronik yang diharapkan dapat meningkatkan pemahaman konsep siswa serta kemampuan berpikir kritis siswa sehingga dapat membantu siswa untuk memahami materi larutan elektrolit dan non elektrolit yang merupakan materi bersifat abstrak sehingga diperlukan pemahaman serta observasi langsung terkait dengan pemahaman konsep siswa dan kemampuan berpikir kritis siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan e-modul berbasis POE (Predict-Observe-Explain) untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa pada materi larutan elektrolit dan non elektrolit di SMA Islam Al-Falah Jambi. Penelitian ini merupakan penelitian research and development dengan menerapkan model pengembangan 4-D dimana terdiri dari 4 tahap yakni Define, Design, Development, dan Desseminate (Pendefinisian, Perancangan, Pengembangan, dan Penyebaran). Instrumen yang digunakan adalah lembar pedoman wawancara dan angket. Produk hasil pengembangan divalidasi oleh ahli materi dan ahli media, selanjutnya diminta tanggapan guru terhadap produk yang dikembangkan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa validasi oleh ahli materi dan ahli media terhadap produk yang dikembangkan dikategorikan sudah layak untuk diujicobakan. Kemudian dari penilaian guru terhadap produk yang dikembangkan dikategorikan sangat baik. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa pengembangan e-modul berbasis POE ini sangat baik digunakan sebagai media pembelajaran pada pembelajaran kimia.

Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: MITA ISTIANA
Date Deposited: 16 Jul 2021 02:09
Last Modified: 16 Jul 2021 02:09
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/22915

Actions (login required)

View Item View Item