Identifikasi Perilaku Prososial Anak Usia 5-6 Tahun Melalui Metode Sosiodrama Di TK Nursiwi

Aslamia, Suhaibatul (2021) Identifikasi Perilaku Prososial Anak Usia 5-6 Tahun Melalui Metode Sosiodrama Di TK Nursiwi. S1 thesis, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan.

[img] Text
COVER.pdf

Download (10kB)
[img] Text
lembar persetujuan sdh ttd.pdf

Download (1MB)
[img] Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (586kB)
[img] Text
DAFTAR ISI-1.pdf

Download (88kB)
[img] Text
BAB I-1.pdf

Download (426kB)
[img] Text
BAB V-1.pdf

Download (109kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA-1.pdf

Download (84kB)
[img] Text
SKRIPSI SUHAIBATUL ASLAMIA_RRA1F114005.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Suhaibatul Aslamia. 2021. “Identifikasi Perilaku Prososial Anak Usia 5-6 Tahun Melalui Metode Sosiodrama Di TK Nursiwi”. Skripsi. Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini. Jurusan Ilmu Pendidikan FKIP Universitas Jambi. Pembimbing I Drs. Tumewa Pangaribuan, M.Pd, Pembimbing II Jelpa Periantalo, S.Psi., M.Psi Kata Kunci: Perilaku Prososial, Melalui Metode Sosiodrama Berdasarkan observasi yang dilaksanakan pada tanggal 11 Januari 2021 pada kelompok B TK Nursiwi menunjukan bahwa kemampuan perilaku prososial sebagian anak kurang berkembang secara optimal. Terlihat pada awal kegiatan hingga akhir kegiatan pembelajaran. Hal ini berwujud ketika kegiatan pembelajaran berlangsung KA, JJ, dan RP kurang antusias dalam melakukan permainan kompetitif secara positif, M dan AN mengganggu temannya yang sedang mengerjakan tugas, tidak mau bekerja sama dengan temannya ketika mengerjakan suatu kegiatan yang bersifat kelompok, M dan AM tidak bisa mengikut aturan ketika berbaris untuk mencuci tanggan sebelum makan. Prilaku prososial pada penelitian ini menurut Eisenberg dan Paul dalam Ahmad (2018: 238). Metode sosiodarma pada penelitian ini menurut Masnipal (2018 : 42). Rumusan masalah pada penelitian ini Bagaimana tingkatan perilaku prososial anak usia 5-6 Tahun Melalui Metode Sosiodrama di TK Nursiwi pada aspek menolong?. Bagaimana tingkatan perilaku prososial anak usia 5-6 Tahun Melalui Metode Sosiodrama di TK Nursiwi pada aspek berbagi?. Bagaimana tingkatan perilaku prososial anak usia 5-6 Tahun Melalui Metode Sosiodrama di TK Nursiwi pada aspek kerjasama?. Bagaimana tingkatan perilaku prososial anak usia 5-6 Tahun Melalui Metode Sosiodrama di TK Nursiwi pada aspek kejujuran? Tujuan penelitian ini Untuk mengidentifikasi perilaku prososial anak usia 5-6 Tahun Melalui Metode Sosiodrama di TK Nursiwi pada aspek menolong. Untuk mengidentifikasi perilaku prososial anak usia 5-6 Tahun Melalui Metode Sosiodrama di TK Nursiwi pada aspek berbagi. Untuk mengidentifikasi perilaku prososial anak usia 5-6 Tahun Melalui Metode Sosiodrama di TK Nursiwi pada aspek kerjasama. Untuk mengidentifikasi perilaku prososial anak usia 5-6 Tahun Melalui Metode Sosiodrama di TK Nursiwi pada aspek kejujuran? Jenis penelitian ini yaitu penelitian deskriptif, Populasi penelitian ini anak kelompok B di TK Nursiwi berjumlah 24 anak. Sampel penelitian berjumlah 24 anak, teknik pengambilan sampel secara total sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan angket. Teknik analisis data penelitian ini menggunakan teknik presentase. Berdasarkan hasil dan pengolahan data, perilaku prososial anak usia 5-6 Tahun Melalui Metode Sosiodrama Di TK Nursiwi pada aspek menolong berada pada tingkatan “Tinggi” 86%. Perilaku prososial anak usia 5-6 Tahun Melalui Metode Sosiodrama Di TK Nursiwi pada aspek berbagi berada pada tingkatan “Tinggi” 80%. Perilaku prososial anak usia 5-6 Tahun Melalui Metode Sosiodrama Di TK Nursiwi pada aspek kerjasama berada pada tingkatan “Tinggi”86%. Perilaku prososial anak usia 5-6 Tahun Melalui Metode Sosiodrama Di TK Nursiwi pada aspek kejujuran berada pada tingkatan “Tinggi” 82%. Perilaku prososial anak usia 5-6 tahun melalui metode sosiodrama Di TK Nursiwi secara umum berada dalam tingkatan “Tinggi”. 84 %. Kesimpulan penelitian ini hasil tingkatan perilaku prososial anak usia 5-6 Tahun Melalui Metode Sosiodrama Di TK Nursiwi berada pada kategori “Tinggi”

Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: SUHAIBATUL ASLAMIA
Date Deposited: 28 Jul 2021 03:23
Last Modified: 28 Jul 2021 03:23
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/24823

Actions (login required)

View Item View Item