Manullang, Riska (2021) EFEKTIVITAS MODEL ARGUMENT BASED LEARNING (ABL) SECARA DARING DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN ARGUMENTASI SISWA SMA PADA MATERI LARUTAN PENYANGGA. S1 thesis, Universitas jambi.
![]() |
Text
BAB 1.pdf Download (5MB) |
![]() |
Text
BAB 5.pdf Download (643kB) |
![]() |
Text
DAPUS.pdf Download (2MB) |
![]() |
Text
Halaman Persetujuan DLL.pdf Download (267kB) |
![]() |
Text
Coverrr.pdf Download (205kB) |
Abstract
Dalam pelaksanaan kurikulum 2013 guru dituntut profesional, pembelajaran efektif dan menyenangkan menggunakan model pembelajaran yang sesuai dengan materi yang akan diajarkan. Salah satu model pembelajaran yang mampu mengembangkan kemampuan argumentasi di dalam proses pembelajaran adalah model pembelajaran Argument-based Learning. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis efektivitas model pembelajaran Argument-based Learning secara daring dalam meningkatkan kemampuan argumentasi siswa SMA pada materi larutan penyangga. Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 6 Kota Jambi. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode campuran (mix method) dengan jenis model Triangulasi Konkuren. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan purposive sampling yaitu kelas XI MIPA 4. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu lembar observasi pelaksanaan model pembelajaran Argument-based Learning oleh guru, lembar observasi pelaksanaan model Argument-based Learning oleh siswa serta tes essay dalam bentuk pretest-posttest untuk mengamati hasil belajar siswa. Untuk melihat efektifitas model pembelajaran Argument-based Learning secara daring terhadap kemampuan argumentasi siswa dilakukan uji t dependen. Serta untuk melihat korelasi antara pelaksanaan model Argument-based Learning oleh siswa dengan posttest dilakukan uji korelasi product moment. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan model Argument-based Learning efektif dalam meningkatkan kemmapuan argumentasi siswa SMA pada materi larutan penyangga. Persentase pelaksanaan model pembelajaran Argument-based Learning oleh siswa adalah 70,05%. Efektifitas model Argument-based Learning secara daring diperoleh thitung sebesar -53,912 dan ttabel sebesar 2,030. Karena -2,030 > -53,912 maka H0 ditolak Ha diterima. Korelasi antara keterlakasanan model Argument-based Learning dengan nilai posttest diperoleh rxy = 0,5578 dengan tingkat hubungan sedang. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa efektivitas model Argument-based Learning secara daring berjalan dengan baik dan terdapat perbedaan kemampuan argumentasi sebelum menggunakan model dan sesudah menggunakan model. Serta terdapat korelasi antara pelaksanaan model oleh siswa dengan posttest pada materi larutan penyangga di SMAN 6 Kota Jambi.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LA History of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Riska |
Date Deposited: | 16 Sep 2021 07:17 |
Last Modified: | 16 Sep 2021 07:46 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/25965 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |