Destrianti, Virdha (2021) ANALISIS PENDEKATAN SAINTIFIK TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PADA ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK NEGERI PEMBINA DESA AIR HANGAT KECAMATAN AIR HANGAT TIMUR KABUPATEN KERINCI. S1 thesis, PG-PAUD.
![]() |
Text
VIRDHA DESTRIANTI_A1F115015.pdf Download (2MB) |
![]() |
Text
Cover.pdf Download (38kB) |
![]() |
Text
halaman pengesahan.pdf Download (321kB) |
![]() |
Text
halaman persetujuan.pdf Download (347kB) |
![]() |
Text
abstrak.pdf Download (109kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (135kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (106kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (129kB) |
Abstract
Pendekatan Saintifik merupakan proses pembelajaran yang melibatkan langsung anak dalam kegiatan pembelajaran dan mendasari terbentuknya kemampuan berpikir kritis. Hasi pengamatan dan wawancara awal peneliti menemukan bahwa belum terlaksana dengan baik pendekatan saintifik terhadap kemampuan berpikir kritis pada anak di TK Negeri Pembina yaitu anak belum mampu mengungkapkan pendapatnya, belum mampu mengkategorikan benda, dan masih belum mampu untuk memperkirakan penyebab saat melakukan percobaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pendekatan saintifik pada anak usia 5-6 Tahun di TK Negeri Pembina Pembina, untuk mengetahui tingkat kemampuan berpikir kritis pada anak usia 5-6 Tahun di TK Negeri Pembina Desa Air Hangat Kabupaten Kerinci setelah dilaksanakan pendekatan saintifik Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dari penelitian ini yaitu anak usia 5-6 Tahun Di TK Negeri Pembina Desa Air Hangat Kabupaten Kerinci berjumlah 21 orang. Data yang di peroleh dalam penelitian ini berupa pengisian angket oleh guru. Teknik analisis data pada penelitian ini digunakan rumus presentase dari hasil pengisian angket. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Pendekatan saintifik di TK Negeri Pembina Desa Air Hangat Kabupaten Kerinci sudah melaksanakan dengan 4 di antara 5 tahap pendekatan saintifik. 2) Tingkat kemampuan berpikir kritis pada anak usia 5-6 Tahun di TK Negeri Pembina Desa Air Hangat Kabupaten Kerinci berdasarkan indikator yang di lihat pada hasil angket sudah pada tingkatan baik yaitu 80% Dari hasil penelitian yang di peroleh dari hasil pengamatan awal dan angket dapat disimpulkan bahwa penerapan pendekatan saintifik terhadap kemampuan berpikir kritis pada anak usia 5-6 Tahun di TK Pembina sudah cukup baik
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PG-PAUD |
Depositing User: | DESTRIANTI |
Date Deposited: | 15 Sep 2021 07:07 |
Last Modified: | 15 Sep 2021 07:07 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/25976 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |