Analisis Motivasi Belajar dalam Pembelajaran Daring pada Mahasiswa Pendidikan Ekonomu 2019 Mata Kuliah Teori Ekonomi Makro

Astri, Neneng (2021) Analisis Motivasi Belajar dalam Pembelajaran Daring pada Mahasiswa Pendidikan Ekonomu 2019 Mata Kuliah Teori Ekonomi Makro. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.

[img] Text
FULL SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (9kB)
[img] Text
BAB I SKRIPSI NENENG.pdf

Download (117kB)
[img] Text
BAB V SKRIPSI NENENG.pdf

Download (93kB)
[img] Text
COVER.pdf

Download (108kB)
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN SKRIPSI NENENG.pdf

Download (216kB)
[img] Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (766kB)
Official URL: https://repository.unja.ac.id

Abstract

ABSTRAK Hasanah. Neneng Astri Siti. 2021. Analisis Motivasi Belajar dalam Pembelajaran Daring pada Mahasiswa Pendidikan Ekonomi 2019 Mata Kuliah Teori Ekonomi Makro : Skripsi. Pendidikan Ekonomi, FKIP Universitas Jambi, Pembimbing: (I) FACHRUDDIANSYAH MUSLIM, S. Pd., M. Pd., (II) Iwan Putra, SE., MS. AK. Kata kunci : Motivasi Belajar Proses pembelajaran mengalami perubahan yang awalnya dilakukan secara langsung dan tatap muka berubah menjadi dikarenakan larangan kepada masyarakat untuk berlama-lama berinteraksi diluar untuk mencegah penyebaran covid-19. Salah satu cara untuk melihat seberapa termotivasinya mahasiswa dalam mengikuti pembelajaran daring mata kuliah ekonomi makro ini yaitu dari sarana dan fasilitas daring yang memadai seperti kuota intenet, sinyal yang bagus, gadget yang digunakannya memadai, serta keadaan lingkungan belajar yang kondusif. Sebab mempelajari mata kuliah teori ekonomi makro ini, mahasiswa dilatih untuk berpikir kritis dalam menganalisis isu-isu perekonomian yang ada. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaiman motivasi belajar dalam pembelajaran daring pada mahasiswa pendidikan ekonomi 2019 mata kuliah teori ekonomi makro. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan Jenis penelitian deskriptif kualitatif. Partisipan dalam penelitian ini merupakan mahasiswa pendidikan ekonomi angkatan 2019 sebanyak 3 orang yang dipilih karena dianggap mampu memberikan data akurat yang dibutuhkan dalam penelitian. Berdasarkan hasil wawancara yang telah peneliti lakukan bersama 3 mahasiswa pendidikan ekonomi angkatan 2019 bahwa motivasi belajar dalam pembelajaran daring mata kuliah teori ekonomi makro ini dikatakan cukup baik, dimana ketiga mahasiswa pendidikan ekonomi angkatan 2019 telah memiliki hampir seluruh ciri dari motivasi belajar menurut Rohmah (2020: 235), hal tersebut dilihat dari tepat waktunya mahasiswa dalam mengikuti pembelajaran daring juga suka melakukan persiapan sebelum mata kuliah dimulai baik malamya ataupun 5 menit sebelumnya, juga selalu hadir pada perkuliahan dan tidak ada alfa atau halangan tidak hadir, selalu menghadapi kendala-kendala yang terjadi ketika pembelajaran daring berlangsung seperti kendala sinyal, internet, dan perangkat lainnya, kemudian langsung mengerjakan tugas kelompok dan berdiskusi, ketika berdiskusi berargumen menggunakan data pendukung (bahan ajar, jurnal, maupun artikel dari web official), serta cepat bosan dengan tugas rutin. Mereka jarang melakukan evaluasi materi hitung-hitungan dikarenakan mereka tidak menyukai materi tersebut dan mereka menganggap itu bukan passion mereka, dikarenakan mereka suka lama dalam memahami materi hitungan pada mk makro ekonomi ini harus materi hitung-hitungan tersebut harus diterangkan secara detail dan pelan-pelan dan juga mereka masih bingung dalam penggunaan rumus-rumus pada materi ekonomi makro. Mereka mengikuti pembelajaran ini dikarekan mata kuliah ini adalah mata kuliah wajib yang mengharuskan mereka untuk lulus pada mk in. Ketika diberikan tugas individu juga mereka lebih sering menunda-nunda dalam pengerjaanya dikarenakan mereka juga harus mengerjakan tugas dari mk lain. ABSTRACT Hasanah. Neneng Astri Siti. 2021. Analysis of Learning Motivation in Online Learning for Economic Education Students 2019 Macroeconomic Theory Course: Thesis. Economics Education, FKIP Jambi University, Supervisor: (I) FACHRUDDIANSYAH MUSLIM, S. Pd., M. Pd., (II) Iwan Putra, SE., MS. AK. Keywords: Learning Motivation The learning process underwent a change which was initially carried out directly and face-to-face, turned into a prohibition on the public to linger outside to interact to prevent the spread of COVID-19. One way to see how motivated students are in participating in online learning for this macroeconomics course is from adequate online facilities and facilities such as internet quotas, good signals, adequate gadgets, and a conducive learning environment. Because studying this macroeconomic theory course, students are trained to think critically in analyzing existing economic issues. This study aims to find out how the motivation to learn in online learning is for 2019 economic education students in the macroeconomic theory course. This study uses a qualitative approach with a qualitative descriptive type of research. Participants in this study were students of economic education class 2019 as many as 3 people who were chosen because they were considered able to provide accurate data needed in research. Based on the results of interviews that the researchers conducted with 3 students of economic education class 2019 that learning motivation in online learning for this macroeconomic theory course is said to be quite good, where the three students of economic education class 2019 already have almost all the characteristics of learning motivation according to Rohmah (2020: 235), this can be seen from the timeliness of students in participating in online learning also likes to make preparations before the course starts either at night or 5 minutes before, is also always present at lectures and there are no alpha or absent obstacles, always faces obstacles that occur when online learning takes place such as signal constraints, the internet, and other devices, then immediately do group assignments and discuss, when discussing arguments using supporting data (teaching materials, journals, and articles from the official web), and getting bored quickly with routine tasks. They rarely evaluate the calculation material because they don't like the material and they think it's not their passion, because they like to take a long time to understand the calculation material in this macroeconomic court, the calculation material must be explained in detail and slowly and also they are still confused in the use of formulas in macroeconomic material. They take this course because this course is a compulsory subject that requires them to pass the Mk in. When given individual assignments, they also procrastinate more often because they also have to do assignments from other courts.

Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: learning Motivation
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: HASANAH
Date Deposited: 14 Oct 2021 01:22
Last Modified: 14 Oct 2021 01:22
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/27025

Actions (login required)

View Item View Item