Pengaruh Model Pembelajaran POE (Predict Observe Explain) Terhadap Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Pada Materi Geometri Kelas VII SMPN Megang Sakti Kabupaten Musi Rawas

Afini, Dita Wahyu and Mujahidawati, Dra and Sabil, Husni (2021) Pengaruh Model Pembelajaran POE (Predict Observe Explain) Terhadap Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Pada Materi Geometri Kelas VII SMPN Megang Sakti Kabupaten Musi Rawas. S1 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
SKRIPSI DITA (A1C217078).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
COVER.pdf

Download (195kB)
[img] Text
DAFTAR ISI, GAMBAR, TABEL, LAMPIRAN.pdf

Download (321kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (444kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (196kB)
[img] Text
halaman pengesahan.pdf

Download (143kB)

Abstract

Afini, Dita Wahyu. 2021. Pengaruh Model Pembelajaran POE (Predict Observe Explain) Terhadap Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Pada Materi Geometri Kelas VII SMP N Megang Sakti Kabupaten Musi Rawas: Skripsi, Program Studi Pendidikan Matematika, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Jambi. (I) Dr. Dra. Mujahidawati, M.Si., (II) Drs. Husni Sabil, M.Pd. Kata Kunci : Predict Observe Explain, penalaran matematis, dan geometri Pada pembelajaran berbasis kurikulum 2013, dimana kegiatan belajar mengajar berpusat pada siswa. Siswa diharapkan dapat membangun dan mengembangkan kemampuan berpikir tingkat tinggi (metakognisi) dan salah satu kemampuan tersebut yaitu kemampuan penalaran matematis. Salah satu model pembelajaran yang dapat membantu dalam mengembangkan kemampuan tersebut adalah model pembelajaran Predict Observe Explain (POE). Kemampuan penalaran matematis siswa kelas VII SMP Negeri Megang Sakti Kabupaten Musi Rawas dapat dikatakan rata-rata siswa masih banyak yang tidak menguasai/kurang memenuhi indikator kemampuan penalaran matematis. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh model pembalajaran Predict Observe Explain (POE) pada materi Geometri. Jenis penelitian ini yaitu kuantitatif tipe eksperimen. Pada penelitian ini yang menjadi populasi adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri Megang Sakti Kabupaten Musi Rawas dan teradapat dua kelas yang menjadi sampel yakni kelas VII 4 dan VII 5 yang diperoleh dari teknik random sampling. Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi, dan tes essai yang dianalisis menggunakan uji-t. Setelah dilakukan uji kesamaan rata-rata dengan uji-t pada kedua kelas sampel, dimana kelas eksperimen yang menggunakan model Predict Observe Explain dan kelas kontrol menggunakan pendekatan ekspositori diperoleh nilai thitung = 2,2945 dan ttabel = 1,671. Karena thitung berada di luar daerah penerimaan H0 maka H0 ditolak. Hal ini berarti terdapat pengaruh yang signifikan antara model pembelajaran POE dengan strategi ekspositori terhadap kemampuan penalaran matematis siswa kelas VII SMP Negeri Megang Sakti Kabupaten Musi Rawas.

Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LA History of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: AFINI
Date Deposited: 26 Nov 2021 06:42
Last Modified: 26 Nov 2021 06:42
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/27924

Actions (login required)

View Item View Item