PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING (PjBL) TERINTEGRASI STEM (SCIENCE, TECHNOLOGY, ENGINEERING AND MATH) UNTUK MENINGKATKAN KREATIVITAS SISWA KELAS XI MIA DI SMA N 10 KOTAaJAMBI

Suryanti, Suryanti (2021) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING (PjBL) TERINTEGRASI STEM (SCIENCE, TECHNOLOGY, ENGINEERING AND MATH) UNTUK MENINGKATKAN KREATIVITAS SISWA KELAS XI MIA DI SMA N 10 KOTAaJAMBI. S1 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
SSKRIPSI_SURYANTI_A1C317064.pdf

Download (1MB)
[img] Text
cover.pdf

Download (20kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (17kB)
[img] Text
halalam pengesahan.pdf

Download (1MB)
[img] Text
HALAMAN PERSETUJUAN.pdf

Download (687kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (186kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (84kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (236kB)

Abstract

ABSTRAK Suryanti. 2021. Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) Terintegrasi STEM (Science, Technology, Engineering and Math) untuk Meningkatkan Kreativitas Siswa Kelas XI MIA 3 Di SMA N 10 Kota Jambi: Skripsi,GJurusanDPendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, FKIP Universitas Jambi, Pembimbing: (I) Drs. Menza Hendri, M.Pd, (II) Dian Pertiwi Rasmi, S.Pd., M.Pd., Kata Kunci: Modep Pembelajaran Project Based Learning, STEM (Science, Technology, Engineering adn Math), Kreativitas Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kreativitas siswa SMA N 10 Kota Jambi, yaitu pada jelas XI MIA 3, serta mendeskripsikan keefektifan serta respon siswa terhadap penerapan model pembelajaran project based learning (PjBL) terintegrasi STEM ((Science, Technology, Engineering and Math) Penelitian ini dilakukan di SMA N 10 Kota Jambi, yaitu pada jelas XI MIA 3. Metode penelitian yang digunakan yaitu pre-experimental sedangkan Desainnya adalah one-shot case study. Pengumpulan data dilakukan dengan mengamati dan menggunakan rubrik kreativitas Selama proses pembelajaran, serta memberikan angket model pembelajaran project based learning setelah pembelajaran telah selesai dilaksanakan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata tingkat kreativitas siswa adalah 54,82% yang termasuk kedalam kategori sedang. Fleksibilitas 58,6%, fluensitas 61,2%, originalitas 58,6%, elaborasi 60,3%, dan klarifikasi 35,3%. Respon siswa terhadap model pembelajaran Project Based Learning terintegrasi STEM (Science, Technology, Engineering and Math) dengan rata-rata 67,14% yang termasuk kedalam kategori baik. Keterlaksanaan dan keefektifan dari penggunaan model pembelajaran Project Based Learning terintegrasi STEM (Science, Technology, Engineering and Math) sendiri efektif digunakan untuk meningkatkan kreativitas siswa, akan tetapi tidak terlalu efektif digunakan dimasa pandemi Covid-19 diakrenakan sedikitnya waktu, sehingga setiap sintak dalam pembelajaran dilakukan dengan terburu-buru.

Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Fisika
Depositing User: Suryanti
Date Deposited: 16 Dec 2021 06:40
Last Modified: 16 Dec 2021 06:40
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/28811

Actions (login required)

View Item View Item