Yanti, Wida and Iriani, Dewi and Pasaribu, Feri Tiona (2021) Analisis kemampuan penalaran matematis siswa setelah pembelajaran dengan model RME (Realistic Mathematics Education) pada materi luas permukaan dan volume limas kelas VIII SMP. S1 thesis, Pendidikan matematika.
![]() |
Text
skripsi full teks.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
![]() |
Text
cover.....pdf Download (640kB) |
![]() |
Text
halaman pernyataan, pengesahan.pdf Download (171kB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (48kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (72kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (44kB) |
![]() |
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf Download (55kB) |
Abstract
Latar belakang masalah penelitian ini ditemukan permasalahan yang dialami oleh siswa yaitu kurangnya Kemampuan pemahaman dan bernalar siswa sehingga sulit untuk mengkomunikasikan jawaban secara matematis. Selain itu dalam proses pembelajaran yang dilakukan oleh guru di kelas kurang melibatkan siswa dalam proses pembelajaran. Peran guru untuk memperbaiki proses pembelajaran matematika di kelas, khususnya dalam membangun penalaran serta kemampuan matematis siswa dalam belajar. Penelitian ini bertujuan untuk melihat keterlaksanaan penerapan RME dan untuk mengetahui kemampuan penalaran matematis siswa setelah pembelajaran dengan model RME (Realistic Mathematics Education) pada materi luas permukaan dan volume limas kelas VIII SMP. Penelitian ini termasuk jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Penelitian ini dilakukan di SMPN 22 Kota Jambi. Subjek yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 4 orang siswa yang diambil dari kelas VIII-F, yaitu siswa yang memiliki jawaban terpanjang dan yang dianggap paling mampu memberikan informasi kepada peneliti terkait kemampuan penalaran matematis siswa dalam menyelesaikan masalah. Dalam penelitian ini kemampuan penalaran matematis subjek dilihat berdasarkan indikator penalaran matematis dalam menyelesaikan masalah. Hasil penelitian menunjukkan secara keseluruhan persentase keterlaksanaan model pembelajaran oleh siswa pun termasuk pada kategori baik sehingga secara keseluruhan untuk tahapan-tahapan model pembelajaran RME dapat terlaksana dengan baik oleh guru dan siswa dengan rata-rata 82,43%. Kemudian, kemampuan penalaran matematis siswa setelah proses pembelajaran dengan model pembelajaran RME (Realistic Mathematics Education) pada materi luas permukaan dan volume limas yakni dalam kategori cukup dengan rata-rata persentasi keseluruhan 65,6%. Subjek SKP1 dengan persentase ketercapaian kemampuan penalaran matematisnya 87,5% dalam kategori baik. Subjek SKP2 dengan persentase ketercapaian kemampuan penalaran matematisnya 56,25% dalam kategori cukup. Subjek SKP3 dengan persentase ketercapaian kemampuan penalaran matematisnya 50% dalam katgori kurang. Subjek SKP4 dengan persentase ketercapaian kemampuan penalaran matematisnya 68,75% dalam kategori cukup.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LA History of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | YANTI |
Date Deposited: | 29 Dec 2021 06:33 |
Last Modified: | 29 Dec 2021 06:33 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/29627 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |