Govarana, Nabela (2022) Analisis Video Pembelajaran Materi Animalia di Youtube Sebagai Referensi Belajar Kelas X SMA. S1 thesis, Universitas Jambi.
![]() |
Text
Nabela Govarana - Skripsi.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
![]() |
Text
Cover.pdf Download (236kB) |
![]() |
Text
Halaman Persetujuan & Halaman Pengesahan.pdf Download (949kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (415kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (409kB) |
![]() |
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (375kB) |
Abstract
Animalia tergolong ke dalam materi yang kompleks, sehingga penggunaan media sangat diperlukan dalam proses pembelajaran Animalia, diantaranya video pembelajaran. Beragamnya video pembelajaran Animalia di YouTube perlu dilakukan pemilahan untuk mendapatkan video yang benar-benar sesuai untuk mendukung pembelajaran. Ada kalanya kualitas video pembelajaran yang diunggah tidak terjaga dengan baik, sehingga pendidik maupun peserta didik kesulitan dalam memilih video pembelajaran animalia yang baik untuk dijadikan sebagai sumber belajar. Berdasarkan pemikiran tersebut, maka dilakukan review terhadap video pembelajaran materi animalia yang sudah beredar di YouTube. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui video pembelajaran animalia apa saja yang sudah beredar di YouTube beserta karakteristik, spesifikasi, kelebihan dan kekurangannya. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Data yang diperoleh, dianalisis menggunakan teknik analisis data Miles dan Huberman dalam Sugiyono (2019:369). Hasil penelitian menunjukkan bahwa umumnya, video berdurasi 5-20 menit. Umumnya video sudah sesuai dengan KD, indikator dan tujuan materi animalia. Selain itu, spesifikasi video secara umum didapatkan aspect ratio 16:9. Resolusi, 720p (HD). Frame rate 30fps. Video pembelajaran animalia di YouTube, terdapat 80 video pembelajaran animalia pada temuan awal. Kemudian tahap data reduction (reduksi data), pada tahap ini data disesuaikan dengan kriteria penelitian, sehingga didapatkan 36 video pembelajaran animalia yang sesuai dengan kriteria penelitian. Selanjutnya data display (penyajian data), pada tahap ini 36 video tersebut dilakukan review/analisis data dengan menggunakan lembar observasi video. Yang terakhir tahap conclusion (kesimpulan), setelah dilakukan review/analisis data terhadap 36 video dengan menggunakan lembar observasi didapatkan 18 video pembelajaran animalia yang sesuai dengan kriteria dan aspek penelitian. Video-video pembelajaran animalia yang sudah beredar di YouTube sangat beragam jenisnya sepeti video animasi, video power point, video explainer dan video presentasi. Materi video-video mengenai kingdom animalia secara keseluruhan yakni, vertebrata dan invertebrata.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | analisis video, animalia, YouTube. |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | GOVARANA |
Date Deposited: | 21 Feb 2022 06:47 |
Last Modified: | 21 Feb 2022 06:47 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/31308 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |