nuramanda, ikhwal (2022) strategi kepala sekolah memotivasi guru dalam pembelajaran pada masa pandemi covid 19 di SD Negeri 55/1 Sridadi. S1 thesis, PGSD.
![]() |
Text
coper.pdf Download (407kB) |
![]() |
Text
A1D117144_IKHWALNURAMANDA.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (311kB) |
![]() |
Text
halaman persutujuan.pdf Download (122kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (311kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Download (457kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (190kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (308kB) |
Abstract
ABSTRAK Nuramanda, Ikhwal. 2022. Strategi kepala sekolah memotivasi guru dalam pembelajaran pada masa pandemi covid 19 Di SD Negeri 55/1 Sridadi. Skripsi, Program Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Pendidikan Anak Usia Dini Dan Dasar, FKIP Universitas Jambi. Pembimbing I Dr. Dra. Destrinelli, M.Pd. Pembimbing II Issaura Sherly Pamela, S.Pd., M.Pd Kata Kunci : Motivisi guru dalam pembelajran pada masa pandemi, Strategi kepala sekolah memotivasi guru pada masa pandemi. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan strategi kepala sekolah memotivasi guru dalam pembelajaran pada masa pandemi Covid 19. Penelitian ini mengunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian fenomenoligi. Informan dalam penelitian ini adalah kepala sekolah serta guru kelas I, II, III, IV, V dan VI SD Negeri 55/I Sridadi. Teknik pengumpulan data mengunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Setelah data didapatkan maka akan dianalisis model Miles and Huberman. Hasil temuan dalam penelitan ada 2 yaitu : (1) motivasi guru dalam pembelajaran dimasa pandemic, (2) Strategi kepala sekolah memotivasi guru dalam pembelajaran dimasa pandemic. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru memiliki 3 aspek motivasi yang diantaranya adalah : Disiplin, Tanggung jawab, dan penilain. Sedangkan strategi kepala sekolah memotivasi guru dalam pembelajaran pada masa pandemi adalah : (1) pendengar yang baik, (2) pendekatan persuasive / kekeluargaan, (3) memberi kepercayaan. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah Berdasarkan hasil penelitian meliputi observasi dan wawancara tentang strategi kepala sekolah memotivasi guru dalam pembelajaran pada masa pandemi Covid 19 dapat ditarik kesimpulan jika strategi kepala sekolah adalah menjadi pendengar yang baik yaitu dengan mendengarkan hambatan guru dalam pembelajaran serta keluhan para guru dan memecahkan masalah atau memberi solusi. Strategi kepala sekolah lainnya adalah melakukan pendekatan persuasif yaitu dengan mengingatkan para guru bahwa segenap komponen sekolah adalah keluarga, sehingga perlu saling mengerti dan saling membantu, terutama di saat pandemi sekarang. Strategi kepala sekolah selanjutnya adalah memberi kepercayaan yaitu dengan memudahkan guru dalam melaksanakan pembelajaran melalui RPP yang dibuatnya.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD |
Depositing User: | Nuramanda |
Date Deposited: | 23 Feb 2022 06:47 |
Last Modified: | 23 Feb 2022 06:47 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/31478 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |