STRATEGI GURU DALAM MENGEMBANGKAN PEMAHAMAN KONSEP MUATAN PEMBELAJARAN IPA PADA SISWA KELAS VIA SDN 73/IX SIMPANG SUNGAI DUREN

Nurkhodariyah, Siti (2022) STRATEGI GURU DALAM MENGEMBANGKAN PEMAHAMAN KONSEP MUATAN PEMBELAJARAN IPA PADA SISWA KELAS VIA SDN 73/IX SIMPANG SUNGAI DUREN. S1 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
SKRIPSI_SITI NURKHODARIYAH_A1D118102.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
COVER.pdf

Download (26kB)
[img] Text
HALAMAN PERSETUJUAN.pdf

Download (167kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (57kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (146kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (11kB)
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (93kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan strategi guru dalam mengembangkan pemahaman konsep muatan pembelajaran IPA siswa kelas VIA SDN 73/IX Simpan Sungai Duren. Penelitian ini dilakukan di kelas VIA SDN 73/IX Simpang Sungai Duren. Penelitian merupakan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi dengan teknik analisis data yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa strategi guru dalam mengembangkan pemahaman konsep muatan pembelajaran IPA siswa kelas VIA SDN 73/IX Simpang Sungai Duren, yaitu tahap persiapan guru, yaitu (1) menyusun RPP; (2) memahami materi yang akan disampaikan; (3) mempersiapkan media pembelajaran; (4) menyiapkan penilaian. Pelaksanaan strategi guru, yaitu (1) guru memberi motivasi kepada siswa; (2) menggunakan metode cermah puls; (3) memberikan apresiasi kepada siswa; (4) mengembangkan snowball throwing; (5) menngunakan pembelajaran kontekstual. Evaluasi yang dilakukan guru yaitu melihat siswa mampu memahami konsep atau materi muatan pembelajaran IPA pada saat proses pembelajaran berlangsung dan penilaian yang berupa tugas-tugas siswa. Kesimpulan yang didapat dari penelitian ini yaitu strategi guru dalam mengembangkan pemahaman konsep muatan pembelajaran IPAmelalui tahap persiapan, tahap peleksanaan, tahap evaluasi. Dengan tahapan yang matang dan optimal tersebut didapatkan pemahaman konsep muatan pembelajaran IPA siswa kelas VIA mampu menginterprestasikan kembali konsep yang telah dipelajari menggunakan kalimatnya sendiri, siswa mampu memberi contoh dan bukan contoh, mengkomunikasikan uraian yang kretif dan gambaran yang luas tentang konsep yang dipelajari dan siswa mampu menyimpulkan tentang konsep yang telah dipelajari.

Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Strategi, guru, pemahaman konsep, muatan pembelajaran IPA
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD
Depositing User: NURKHODARIYAH
Date Deposited: 09 Mar 2022 04:04
Last Modified: 09 Mar 2022 04:04
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/31702

Actions (login required)

View Item View Item