STRATEGI GURU DALAM MEMPERAGAKAN GERAK TARI KREASI DAERAH PADA PEMBELAJARAN SENI TARI DI SEKOLAH DASAR NEGERI 34/1 TERATAI

M., FADILAH (2022) STRATEGI GURU DALAM MEMPERAGAKAN GERAK TARI KREASI DAERAH PADA PEMBELAJARAN SENI TARI DI SEKOLAH DASAR NEGERI 34/1 TERATAI. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.

[img] Text
A1D118047 M. FADILAH.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] Text
cover.pdf

Download (206kB)
[img] Text
halaman persetujuan dan pengesahan.pdf

Download (435kB)
[img] Text
abstrak.pdf

Download (185kB)
[img] Text
bab 1.pdf

Download (329kB)
[img] Text
bab 5.pdf

Download (190kB)
[img] Text
daftar pustaka.pdf

Download (306kB)
Official URL: https://repository.unja.ac.id

Abstract

Fadilah, M. 2021. Strategi Guru Dalam Memperagakan Gerak Tari Kreasi Daerah Pada Pembelajaran Seni Tari di Sekolah Dasar Negeri 34/I Teratai : Proposal Skripsi, Jurusan Pendidikan Anak Usia Dini dan Dasar, FKIP Universitas Jambi, Pembimbing: (I) Drs. Arsil, M.Pd., (II) Silvina Noviyanti, S.Pd., M.Pd. Kata Kunci : Pembelajaran Seni Tari, Memperagakan, Strategi Pembelajaran seni tari berdampak edukatif dalam dunia pendidikan. Guru sebagai fasilitator didalam kegiatan pembelajaran memperagakan gerak tari kreasi daerah harus memiliki strategi yang menunjang keberhasilan tujuan pembelajaran yang telah ditetapkan. Sebagai calon guru harus memiliki ketereampilan dalam bidang kesenian agar proses belajar dan mengajar didalam kelas dapat berlangsung seimbang. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan strategi guru dalam memperagakan gerak tari kreasi daerah pada pembelajaran seni tari di Sekolah Dasar Negeri 34/I Teratai. Penelitian ini dilakukan di Sekolah Dasar Negeri 34/I Teratai pada semester ganjil tahun 2021/2022. Data yang diperoleh dengan cara wawancara dan observasi kegiatan terhadap guru kelas. Setelah data diperoleh, data di analisis secara kualitatif dengan mereduksi data. Penelitian merupakan penelitian kualitatif deskritif. Metode yang digunakan adalah Informan. Data penelitian adalah siswa kelas IV Sekolah Dasar Negeri 34/I Teratai. Instrumen yang digunakan adalah wawancara. Hasil dan kesimpulan dari penelitian ini bahwa guru kelas IVA Sekolah Dasar Negeri 34/I Teratai memiliki strategi dalam memperagakan gerak tari kreasi daerah pada pembelajaran seni tari yang memilki dua tahapan. Tahapan pertama persiapan dimana guru menyiapkan semua yang diperluakan termasuk RPP. Tahapan kedua pelaksanaan kegiatan dimana guru melaksanakan strategi yang telah di persiapan sebelum pembelajaran dilakukan sesuai dengan tujuan yang diharapankan. Dari hasil penelitian diharapkan guru dapat lebih kreatif dan inovatif dalam memperagakan tarian kreasi daerah pada pembelajaran seni tari agar siswa menjadi lebih tertatik lagi dalam mengikut pembelajaran yang berlangsung.

Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: ata Kunci : Pembelajaran Seni Tari, Memperagakan, Strategi
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD
Depositing User: FADILAH
Date Deposited: 18 Mar 2022 01:53
Last Modified: 18 Mar 2022 01:53
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/31967

Actions (login required)

View Item View Item