Strategi Guru dalam Mengembalikan Semangat Belajar Peserta Didik Selama Masa Pandemi Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif

Pratiwi, Syara Wahyu and Kuntarto, Eko and Zahyuni, Violita (2022) Strategi Guru dalam Mengembalikan Semangat Belajar Peserta Didik Selama Masa Pandemi Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif. S1 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text (Strategi Guru dalam Mengembalikan Semangat Belajar Peserta Didik Selama Masa Pandemi Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif)
Skripsi Syara Wahyu Pratiwi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img] Text
COVER REPOSITORY.pdf

Download (207kB)
[img] Text
Pengesahan & persetujuan.pdf

Download (128kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (286kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (396kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (325kB)
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (303kB)

Abstract

Pratiwi, Syara Wahyu, 2022. Strategi Guru Mengembalikan Semangat Belajar Peserta Didik Selama Masa Pandemi Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif. Skripsi Jurusan Pendidikan Anak Usia Dini dan Dasar, FKIP Universitas Jambi, Pembimbing: (I) Dr. Drs. H. Eko Kuntarto., M. Pd. M.Com.Eng., (II) Violita Zahyuni, S.Pd., M. Pd., Kata kunci: Strategi Guru, Semangat Belajar, Masa Pandemi, Pembelajaran Kooperatif. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) Strategi guru yang dilakukan untuk mengembalikan semangat belajar peserta didik selama masa pandemi menggunakan model pembelajaran kooperatif, (2) Perubahan yang terjadi kepada peserta didik setelah menggunakan strategi tersebut dalam pembelajaran kooperatif Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Dalam menganalisis data penelitian melalui reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kooperatif perencanaan dengan cara memperhatikan kurikulum yang berlaku, kalender pendidikan, dan menentukan prota dan promes yang digunakan sebagai gambaran dalam menjalankan kegiatan. Setelah itu, merancang Rencana Pelaksanaan Pembelajaran. Media yang digunakan selama blended learning google meeting, whatsapp, lembar kerja peserta didik, video pembelajaran. Pelaksaanaannya guru menyampaikan tujuan, informasi, membagi kelompok, pengerjaan tugas, evaluasi, dan pengakuan tim. Agar peserta didik lebih semangat pemberian yel – yel, ice breaking, pujian, diberikan membantu peserta didik lebih terdorong untuk belajar dan menyelesaikan tugas secara kooperatif. Perubahan yang terjadi pada peserta didik yaitu lebih menikmati pembelajaran kelompok. Jadi kesimpulannya, penggunaan pembelajaran kooperatif membuat peserta didik banyak terlibat didalamnya, antusias peserta didik dalam mengikuti pembelajaran, interaksi peserta didik dengan guru, interaksi antar peserta didik, kerja sama kelompok, respon dan perasaan peserta didik saat pembelajaran, partisipasi peserta didik dalam menyampaikan hasil pembahasan tertuang di dalam pembelajaran yang dilaksanakan.

Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Strategi Guru, Semangat Belajar, Masa Pandemi, Pembelajaran Kooperatif
Subjects: A General Works > AC Collections. Series. Collected works
Universitas Jambi (UNJA) > Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan > A General Works > AC Collections. Series. Collected works
Depositing User: Pratiwi
Date Deposited: 22 Mar 2022 07:34
Last Modified: 22 Mar 2022 07:34
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/32219

Actions (login required)

View Item View Item