PENERAPAN METODE BERNYANYI DALAM PEMBELAJARAN DI KELAS II SEKOLAH DASAR NEGERI 35/I TEBING TINGGI

Riskania, Ayu and Destrinelli, Destrinelli and Sofwan, Muhammad (2022) PENERAPAN METODE BERNYANYI DALAM PEMBELAJARAN DI KELAS II SEKOLAH DASAR NEGERI 35/I TEBING TINGGI. S1 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
skripsi full teks.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
cover.pdf

Download (200kB)
[img] Text
HALAMAN PERSETUJUAN, PENGESAHAN.pdf

Download (249kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (186kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (311kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (192kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (409kB)

Abstract

ABSTRAK Riskania, Ayu. 2022. Penerapan Metode Bernyanyi Dalam Pembelajaran Dikelas II Sekolah Dasar Negeri 35/I Tebing Tinggi: Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Pendidikan Anak Usia Dini Dan Dasar, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas Jambi. Pembimbing: (I) Dr.Dra.Destrinelli, M.Pd (II) Dr.Muhammad Sofwan, S.Pd.,M.Pd. Kata kunci: Metode Bernyanyi, Perencanaan, Penerapan Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan Penerapan metode bernyanyi dalam pembelajaran di kelas II SD Negeri 35/I Tebing Tinggi. Penelitian ini dilakukan di SD Negeri 35/I Tebing Tinggi. Pendekatan penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah pendekatan kualitatif, berdasarkan pendekatan yang digunakan jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah fenomenologi. Data penelitian ini diperoleh dari hasil observasi,wawncara dan dokumentasi dengan wali kelas IIA SD Negeri 35/I Tebing Tinggi. Teknik uji validitas data dengan menggunakan triangulasi teknik. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa penerapan metode bernyanyi di kelas II A yang dilakukan guru yang pertama guru terlebih dahulu melakukan perencanaan disamping RPP, seperti guru memilih lagu yang sesuai dengan karakteristik anak didiknya, guru juga mengubah lirik lagu dengan memanfaatkan lagu yang dikenal anak, lirik tersebut yang disesuaikan dengan isi materi pembelajaran. Kedua, proses penerapan, saat penerapannya guru memanfaatkan lagu yang dikenal anak didik seperti menyesuaikan lagu yang sudah ada tanpa mengubah lirik dengan isi materi pembelajaran. Guru terlebih dahulu mengenalkan lagu asli jika ingin mengubah lirik lagu, ketika anak sudah dapat menghapal lagu barulah guru mengganti atau membuat lirik lagunya yang disesuaikan isi materi pembelajaran yang telah disiapkan oleh guru. Lagu dinyanyikan bersama yang seringkali guru menambahkan sembari mencontohkan gerakan yang sesuai dengan irama lagu yang dinyanyikan dalam pelajaran sehingga anak didik dapat mengikuti gerakan yang diperintahkan. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa, metode bernyanyi terbagi menjadi dua tahap yakni perencanaan dan penerapan, perencanaan yang dilakukan disamping membuat rencana pelaksanaan pembelajaran yaitu, memilih lagu dan membuat lagu untuk disesuaikan dengan isi materi pembelajaran. dan dalam penerapannya pengenalan lagu adalah tahap yang penting dilakukan. Jika penerapan lagu yang dilaksanakan dirasa kurang membuat anak antusias dalam belajar guru juga menambahkan gerakan sederhana yang bisa dilakukan anak-anak kelas II A.

Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: metode bernyanyi, perencanaan, peneraapan.
Subjects: A General Works > AC Collections. Series. Collected works
Universitas Jambi (UNJA) > Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan > A General Works > AC Collections. Series. Collected works
Depositing User: RISKANIA
Date Deposited: 31 Mar 2022 02:11
Last Modified: 31 Mar 2022 02:11
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/32379

Actions (login required)

View Item View Item