Rahmadansah, Rahmadansah (2022) Pengaruh Model Pembelajaran Team Assisted Individualization Berbantuan E-LKPD Interaktif Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Materi Asam Basa. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.
![]() |
Text
COVER.pdf Download (58kB) |
![]() |
Text
SKRIPSI_RAHMADANSAH_A1C118066.pdf Restricted to Repository staff only Download (7MB) |
![]() |
Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf Download (157kB) |
![]() |
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (277kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (296kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (148kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (279kB) |
Abstract
Rahmadansah. 2022. Pengaruh Model Pembelajaran Team Assisted Individualization Berbantuan E-LKPD Interaktif Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Materi Asam Basa. Skripsi, Jambi: Program Studi Pendidikan Kimia, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Jambi. Pembimbing I: Dr. Drs. Haryanto, M.Kes, Pembimbing II: Aulia Sanova, S.T.,M.Pd. Kata Kunci: Team Assisted Individualization, E-LKPD Interaktif, Berpikir Kritis dan Asam Basa. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa melalui penerapan model pembelajaran Team Assisted Individualization berbantuan E-LKPD Interaktif pada materi Asam Basa. Penelitian ini merupakan penelitian quasi Eksperimen dengan menggunakan satu kelas kontrol dan satu kelas eksperimen. Setiap kelas kontrol ataupun kelas eskperimen akan diberi pretest sebelum dilakukan proses pembelajaran dan posttest ketika selasai dilakukan pembelajaran. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI IPA 5 dan XI IPA 6 SMA Negeri 2 Kota Jambi tahun pelajaran 2021/2022. Data penelitian diperoleh melalui tes esai dan lembar observasi. Analisis data menggunakan pretest dan posttest.Hasil analisis data menunjukkan bahwa penggunaan model pembelajaran Team assisted individualization berbantuan E-LKPD interaktif memberikan pengaruh terhadap kemampuan berpikir kritis siswa yang dibuktikan dengan adanya peningkatan hasil rata-rata pretest dan posttest yaitu 47,49% - 65,51% di kelas kontrol dengan selisih kenaikan 18,02%, sedangkan di kelas eksperimen mendapatkan hasil 50,61% - 77,10% dengan selisih kenaikan 26,49%. Jika ditinjau dari hasil observasi kemampuan berpikir kritis pada kelas kontrol - eksperimen berturut-turut yaitu 62,38% - 71,20%. Dari hasil tersebut juga dapat membuktikan bahwa hasil kemampuann berpikir kritis di kelas eksperimen lebih tinggi dari pada kelas kontrol.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Team Assisted Individualization, E-LKPD Inetraktif, Berpikir Kritis dan Asam Basa. |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | RAHMADANSAH |
Date Deposited: | 07 Apr 2022 03:55 |
Last Modified: | 07 Apr 2022 07:56 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/32600 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |