MENINGKATKAN KEMAMPUAN OPERASI HITUNG PEMBAGIAN MELALUI MEDIA PAPAN PEMBAGIAN PADA SISWA KELAS II SDN 124/IX TANJUNG PAUH

Lestari, reni ellisa and Yantoro, Yantoro and Pamela, Issaura Sherly (2022) MENINGKATKAN KEMAMPUAN OPERASI HITUNG PEMBAGIAN MELALUI MEDIA PAPAN PEMBAGIAN PADA SISWA KELAS II SDN 124/IX TANJUNG PAUH. S1 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
skripsi fulll.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] Text
coverr.pdf

Download (200kB)
[img] Text
lembar persetujuan dan pengesahan.pdf

Download (395kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (183kB)
[img] Text
bab 1.pdf

Download (304kB)
[img] Text
bab v.pdf

Download (188kB)
[img] Text
daftar pustaka.pdf

Download (299kB)

Abstract

Lestari, Reni, Ellisa. 2022. Meningkatkan Kemampuan Operasi Hitung Pembagian Melalui Media Papan Pembagian Pada Siswa Kelas II SDN 124/IX Tanjung Pauh. Skripsi, Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Pendidikan Anak Usia Dini Dan Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Jambi. 1) Dr. Yantoro, M.Pd, 2) Issaura Sherly Pamela, S.Pd., M.Pd Kata kunci: Kemampuan, operasi, hitung, pembagian Penelitian ini bertujuan untuk untuk mendeskripsikan peningkatan kemampuan operasi hitung pembagian melalui media papan pembagian pada siswa kelas II SDN 124/IX Tanjung Pauh. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas yang mempunyai tahap perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Dan data penelitian ini diperoleh dengan cara observasi aktivitas siswa dan melakukan tes tertulis. Subjek dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas II dan guru kelas II. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan kemampuan operasi hitung pembagian pada siswa kelas II Sekolah Dasar, yaitu dapat dilihat pada hasil observasi aktivitas siswa pada siklus I pertemuan I mendapat persentase secara klasikal 27,27% dan pada siklus I pertemuan II mengalami peningkatan yaitu mendapatkan persentase secara klasikal 41,66%. Siklus II pertemuan I mendapat persentase secara klasikal 66,66% dan pada siklus II pertemuan II mengalami peningkatan yaitu mendapatkan persentase secara klasikal 83,33%. Selanjutnya dapat dilihat dari hasil tes tertulis pada pre test yaitu dari 12 siswa, hanya 2 siswa yang mencapai kriteria ketuntasan, serta persentase secara klasikal yaitu mendapat 16,66%. Hasil post test pada siklus I dari 12 siswa, yang mencapai nilai di atas kriteria ketuntasan yaitu 7 siswa, serta persentase secara klasikal yaitu mendapat 58,3%. Berdasarkan hasil observasi aktivitas siswa dan tes tertulis dapat disimpulkan bahwa adanya peningkatan kemampuan siswa dalam operasi hitung pembagian sesuai apa yang diinginkan dalam penelitian tindakan kelas dan disarankan menggunakan media papan pembagian yang dapat digunakan sebagai media pembelajaran dalam materi operasi hitung pembagian.

Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan, operasi, hitung, pembagian
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD
Depositing User: LESTARI
Date Deposited: 11 Apr 2022 03:21
Last Modified: 11 Apr 2022 03:21
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/32649

Actions (login required)

View Item View Item