PROBLEMATIKA GURU DALAM PROSES PEMBELAJARAN TEMATIK SELAMA MASA PANDEMI COVID-19 DI SDN 65/IV KOTA JAMBI

anatasya, dhea (2022) PROBLEMATIKA GURU DALAM PROSES PEMBELAJARAN TEMATIK SELAMA MASA PANDEMI COVID-19 DI SDN 65/IV KOTA JAMBI. S1 thesis, pendidikan guru sekolah dasar.

[img] Text
SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] Text
COVER (2).pdf

Download (100kB)
[img] Text
halaman persetujuan, halaman pengesahan.pdf

Download (303kB)
[img] Text
Abstrak.pdf

Download (85kB)
[img] Text
Bab I.pdf

Download (174kB)
[img] Text
Bab V.pdf

Download (88kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (229kB)

Abstract

ABSTRAK Pendidikan terkena dampak dari wabah penyakit Corona Virus Diase (Covid-19). Wabah Covid-19 ini menyebar dengan cepat keberbagai Negara termasuk Indonesia. Adanya wabah pandemic Covid-19, pemerintah mengeluarkan suatu kebijakan mengenai pelaksanaan pembelajaran online atau bisa disebut pembelajaran daring. Guru memiliki problematika sendiri ketika menghadapi pembelajaran daring tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan problematika yang dialami guru kelas V di SDN 65/IV Kota jambi Tahun Pelajaran 2021/2022 dalam pembelajaran tematik selama masa pandemi covid-19. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus untuk mendeskripsikan problematika guru selama masa pandemi covid-19. Subjek penelitian ialah guru kelas V. Pengumpulan data melalui teknik observasi, wawancara, dan studi dokumentsi. Penelitian menggunakan uji validitas yaitu triangulasi teknik. Hasil penelitian menunjukan guru mengalami problematika dalam pembelajaran tematik selama masa pandemi yaitu guru kesulitan dalam menentukan RPP dan metode, terbatasnya komunikasi, terbatasnya fasilitas, terbatas teknologi aplikasi pembelajaran, kesulitan menilai sikap, siswa terlambat dan tidak mengumpulkan tugas, tugas yang dikumpulkan tidak jelas. Upaya yang guru dilakukan dalam mengatasi problematika pembelajaran secara jarak jauh, antara lain: guru mengikuti pelatihan dan rapat/ KKG menyusun RPP khusus jarak jauh dimasa pandemi, berkerjasama dan berkolaborasi dengan orang tua, memberikan materi/tugas secara langsung saat sesi tatap muka, mengikuti pelatihan dan sosialisai teknologi aplikasi pembelajaran, melihat kedisplinan siswa, berkomunikasi dengan orangtua. Dari penelitian ini diperoleh kesimpulan adanya problematika guru dalam proses pembelajaran tematik selama masa pandemic Covid-19 ini dan adanya upaya guru dalam mengatasi problematika tersebut.

Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD
Depositing User: anatasya
Date Deposited: 18 Apr 2022 06:46
Last Modified: 18 Apr 2022 06:46
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/32967

Actions (login required)

View Item View Item