Pengembangan Multimedia Interaktif Menggunakan Articulate Storyline Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Materi Larutan Penyangga

Alvia R, Wafiqah (2022) Pengembangan Multimedia Interaktif Menggunakan Articulate Storyline Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Materi Larutan Penyangga. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.

[img] Text
DRAFT SKRIPSI FIXX.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (11MB)
[img] Text
COVER (SKRIPSI).pdf

Download (202kB)
[img] Text
HALAMAN PENGESAHAN SKRIPSI.pdf

Download (243kB)
[img] Text
BAB I(1).pdf

Download (320kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (126kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (384kB)
Official URL: https://repository.unja.ac.id/

Abstract

Alvia, Wafiqah. 2022. “Pengembangan Multimedia Interaktif Menggunakan Articulate Storyline Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Materi Larutan Penyangga”. Skripsi, Program Studi Pendidikan Kimia Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Jambi. Pembimbing: (I) Dr. Drs. Syamsurizal, M.Si (II) Afrida, S.Si., M.Si. Kata Kunci: Multimedia Interaktif, Articulate Storyline, Berpikir Kritis, Larutan Penyangga Mata pelajaran kimia merupakan mata pelajaran yang terfokus pada bagaimana siswa memahami konsep, prinsip, hukum dan teori kimia serta keterkaitannya antara ilmu kimia itu dengan penerapannya di kehidupan sehari-hari guna menyelesaikan suatu masalah. Kualitas proses pembelajaran dapat dilihat dari kemampuan berpikir kritis siswa pada hasil belajar maupun ketika proses pembelajaran berlangsung. Berpikir kritis adalah proses berpikir secara sistematis, logis dan objektif. Berpikir kritis merupakan kategori berpikir dalam tingkat tinggi. Dalam proses pembelajaran untuk mencapai hasil yang optimal dibutuhkan berpikir yang aktif. Hal ini berarti proses pembelajaran yang optimal membutuhkan pemikiran kritis dari si pembelajar. Oleh karena itu, bepikir kritis sangat penting dalam proses kegiatan pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan multimedia Interaktif Menggunakan Articulate Storyline Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Materi Larutan Penyangga serta mengetahui penilaian guru dan respon siswa terhadap multimedia interaktif yang dikembangkan di kelas XI MIPA SMA Negeri 2 Kota Jambi. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan menggunakan model pengembangan Lee & Owens. Instrumen penelitian yang digunakan berupa lembar pedoman wawancara dan angket. Produk hasil dari pengembangan divalidasi oleh ahli materi dan ahli media serta dinilai oleh guru yang selanjutnya diujicobakan pada kelompok kecil. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis data kualitatif (komentar dan saran) dan analisis data kuantitatif (rata-rata skor jawaban dan persentase). Hasil dari penelitian diperoleh dari tim ahli desain dan materi serta ahli media, masing-masing diperoleh sangat layak serta dinyatakan layak untuk diujicobakan. Selanjutnya berdasarkan dari tanggapan dan penilaian dari dua guru, diperoleh sangat baik . Serta mendapatkan respon yang sangat baik dari siswa dengan persentase respon siswa sebesar 92,85 %. Berdasarkan proses pengembangan dan hasil penelitian, disimpulkan bahwa multimedia interaktif ini sangat baik dan layak digunakan sebagai salah satu bahan ajar pada materi Larutan Penyangga.

Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Multimedia Interaktif, Articulate Storyline, Berpikir Kritis, Larutan Penyangga
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Kimia
Depositing User: RAMADHANI
Date Deposited: 25 Apr 2022 06:29
Last Modified: 25 Apr 2022 06:29
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/33183

Actions (login required)

View Item View Item