PERSEPSI GURU SEKOLAH DASAR TERHADAP PRAKTIKUM IPA SELAMA MASA PEMBELAJARAN TATAP MUKA (PTM) TERBATAS

EFRINA, NOVIANA (2022) PERSEPSI GURU SEKOLAH DASAR TERHADAP PRAKTIKUM IPA SELAMA MASA PEMBELAJARAN TATAP MUKA (PTM) TERBATAS. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.

[img] Text
SKRIPSI FIX NOVIANA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
cover.pdf

Download (46kB)
[img] Text
hlm pengesahan.pdf

Download (700kB)
[img] Text
hlm persetujuan.pdf

Download (329kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (181kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (402kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (38kB)
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (195kB)
Official URL: https://repasitory.unja.ac.id/

Abstract

Efrina, Noviana. (2022). Persepsi Guru Sekolah Dasar Terhadap Praktikum IPA Selama Masa Pembelajaran Tatap Muka (PTM) Terbatas: Skripsi, Jurusan Pendidikan Anak Usia Dini dan Dasar, FKIP Universitas Jambi. Pembimbing (1) Drs. Andi Suhandi, S.Pd., M.Pd.I, (II) Issuara Sherly Pamela, S.Pd., M.Pd. Kata Kunci: Persepsi, Praktikum IPA PTM terbatas. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan persepsi guru sekolah dasar terhadap praktikum IPA selama masa pembelajaran tatap muka (PTM) terbatas di SD Negeri 182/I Hutan Lindung Tahun pelajaran 2021-2022 dalam memahami persepsi guru terhadap praktikum IPA selama masa pembelajaran (PTM) terbatas. Penelitian ini dilakukan di SD Negeri 182/I Hutan Lindung pada Desember-Januari. Data penelitian diperoleh dengan cara melakukan wawancara dengan guru kelas yang menerapkan praktikum IPA (sebagai data utama) melakukan dokumentasi (sebagai data penunjang). Setelah melakukan wawancara dan dokumentasi, data dianalisis secara kualitatif dengan analisis data Miles dan Huberman. Hasil penelitian ini menunjukkan bahawa persepsi guru sekolah dasar terhadap praktikum Ipa selama masa pembelajaran tatap muka terbatas. Persepsi guru SD mengenai penyerapan terhadap rangsang atau objek dari luar individu, pengertian atau pemahaman, dan penilaian atau evaluasi terhadap praktikum ipa dimasa pembelajaran tatap muka terbatas. Yang pertama penyerapan terhadap rangsangan atau objek dari luar individu praktikum ipa dimasa pembelajaran tatap muka terbatas, disini guru mendapatkan pengetahuan atau informasi dari beberapa sumber seperti buku guru, buku siswa, buku praktik, internet dan youtube. Yang kedua untuk pengertian atau pemahaman praktikum ipa guru telah memahami praktikum ipa dengan menggunakan sumber yang ada, dari sumber itu dapat memahami mengenai pengertian praktikum ipa, alat dan bahan praktikum ipa yang digunakan, dan langkah-langkah praktikum ipa. Yang ketiga penilaian atau evaluasi terhadap praktikum ipa. Dari tanggapan guru terdapat penilaian positif terhadap praktikum ipa. Tanggapan guru bahwa praktikum ipa penting, dengan praktikum ipa siswa dapat mengalami secara langsung, lebih memahami pembelajaran ipa dan dapat berdiskusi dengan temannya Kesimpulan yang didapat dari penelitian ini bahwa persepsi guru terhadap praktikum IPA dimasa pembelajaran tatap muka terbatas dapat dilihat dari tanggapan guru, dari penyerapan terhadap rangsang atau objek dari luar individu, pengertian atau pemahaman dan penilaian atau evaluasi.

Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Persepsi, Praktikum IPA PTM terbatas.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD
Depositing User: efrina
Date Deposited: 31 May 2022 06:46
Last Modified: 31 May 2022 06:46
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/33976

Actions (login required)

View Item View Item