Irawan, Devi and Haryanto, Eddy and Firman, Firman (2022) Dampak Supervisi Akademik Ditinjau Dari Latar Belakang Pendidikan Guru Terhadap Kompetensi Guru di SMP Negeri 38 Kabupaten Tebo. S2 thesis, Universitas Jambi.
![]() |
Text
abstrak.pdf Download (114kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (191kB) |
![]() |
Text
Cover .pdf Download (195kB) |
![]() |
Text
daftar pustaka.pdf Download (313kB) |
![]() |
Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf Download (126kB) |
Abstract
Penelitian tentang “Dampak Supervisi Akademik Ditinjau Dari Latar Belakang Pendidikan Guru Terhadap Kompetensi Guru di SMP Negeri 38 Kabupaten Tebo” bertujuan untuk mengetahui Dampak Supervisi Akademik Ditinjau Dari Latar Belakang Pendidikan Guru Terhadap Kompetensi Guru di SMP Negeri 38 Kabupaten Tebo. Penelitian yang dilaksanakan merupakan penelitian yang berusaha mengungkapkan, menemukan dan menggali informasi tentang Pelaksanaan Supervisi Akademik Dalam Meningkatkan Kompetensi Guru di SMP Negeri 38 Kabupaten Tebo. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yaitu penelitian yang ditujukan untuk mendeskripsikan dan menganalisa fenomena, peristiwa dan aktivitas sosial, sikap, persepsi dan pemikiran orang secara individual maupun kelompok. Hasil penelitian mengungkapkan tiga temuan yaitu: Pertama, Proses pelaksanaan supervisi akademik ditinajau dari latar belakang pendidikan guru di SMP Negeri 38 Kabupaten Tebo dilaksanakan sesuai dengan prinsip-prinsip dan langkah-langkah supervisi akademik pada umumnya. Kedua, Dampak supervisi akademik ditinjau dari latar belakang pendidikan guru (linier dan non linier) terhadap kompetensi guru SMP Negeri 38 Kabupaten Tebo adalah sebagai berikut: Supervisi akademik dapat meningkatkan kompetensi guru yang linier dan non linier, peningkatan kompetensi guru linier lebih banyak dari kompetensi guru non linier, supervisi Akademik lebih banyak berdampak pada peningkatan kompetensi pedagogik dan kompetensi professional. Guru linier lebih mampu dalam kompetensi profesional aspek mengembangkan materi ajar dari pada guru non linier. Ketiga, Supervisi akademik dapat meningkatkan kompetensi guru SMP Negeri 38 Kabupaten Tebo. Kompetensi yang paling banyak meningkat setelah supervisi akademik adalah kompetensi pedagogik dan kompetensi professional, untuk kompetensi kepribadian dan kompetensi sosial tidak begitu bepengaruh.
Type: | Thesis (S2) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Supervisi Akademik, Latar Belakang Pendidikan Guru, Kompetensi Guru. |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Pascasarjana > Manajemen Pendidikan |
Depositing User: | IRAWAN |
Date Deposited: | 31 May 2022 07:42 |
Last Modified: | 31 May 2022 07:42 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/34056 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |