Utary, Bella and Muazza, Muazza and Rahman, K.A (2022) aya kepemimpina Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Disiplin Tenaga Pendidik di Sekolah Dasar Negeri 141 Kota Jambi. S2 thesis, Universitas Jambi.
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (186kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (10kB) |
![]() |
Text
Cover .pdf Download (193kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (114kB) |
![]() |
Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf Download (290kB) |
Abstract
Kepala sekolah sebagai pemimpin dalam satuan pendidikan berperan dan bertanggung jawab memimpin, mengorganisir, memantau, membina juga memperbaiki proses belajar mengajar di kelas. Dari konsep gaya kepemimpinan yaitu sikap dan tindakan yang dilakukan pemimpin dalam meningkatkan disiplin tenaga pendidik diharapkan mampu mempengaruhi tenaga pendidik melaksanakan tugas dan fungsinya dengan baik. Selain disiplin tenaga pendidik, gaya kepemimpinan kepala sekolah memainkan peranan yang cukup signifikan dalam meningkatkan prestasi belajar peserta didik. Dengan kepemimpinan yang efektif dapat memberikan pengaruh pada tingkat disiplin seseorang. Penelitian ini bertujuan untuk : (1) mengetahui gaya kepemimpinan kepala sekolah SD Negeri 141 Kota Jambi, (2) mengetahui gaya kepemimpinan kepala sekolah dalam meningkatkan disiplin tenaga pendidik SD Negeri 141 Kota Jambi, (3) mengetahui gaya kepemimpinan kepala sekolah yang dominan dalam meningkatkan disiplin tenaga pendidik SD Negeri 141 Kota Jambi. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif. Pengumpulan data menggunakan wawancara dengan kepala sekolah dan tenaga pendidik. Jumlah responden dalam penelitian ini adalah 1 kepala sekolah, 7 tenaga pendidik. Hasil analisis data menunjukkan bahwa (1) gaya kepemimpinan kepala sekolah yang di terapkan oleh kepala sekolah SD Negeri 141 Kota Jambi adalah gaya kepemimpinan situasional, gaya kepemimpinan demokratis, dan gaya kepemimpinan otokratis (2) gaya kepemimpinan kepala sekolah dalam meningkatkan disiplin tenaga pendidik menerapkan gaya kepemimpinan situasional dan gaya kepemimpinan demokratis (3) gaya kemimpinan kepala sekolah yang dominan dalam meningkatkan disiplin tenaga pendidik adalah gaya kepemimpinan situasional.
Type: | Thesis (S2) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kepala sekolah sebagai pemimpin dalam satuan pendidikan berperan dan bertanggung jawab memimpin, mengorganisir, memantau, membina juga memperbaiki proses belajar mengajar di kelas. Dari konsep gaya kepemimpinan yaitu sikap dan tindakan yang dilakukan pemimpin dalam meningkatkan disiplin tenaga pendidik diharapkan mampu mempengaruhi tenaga pendidik melaksanakan tugas dan fungsinya dengan baik. Selain disiplin tenaga pendidik, gaya kepemimpinan kepala sekolah memainkan peranan yang cukup signifikan dalam meningkatkan prestasi belajar peserta didik. Dengan kepemimpinan yang efektif dapat memberikan pengaruh pada tingkat disiplin seseorang. Penelitian ini bertujuan untuk : (1) mengetahui gaya kepemimpinan kepala sekolah SD Negeri 141 Kota Jambi, (2) mengetahui gaya kepemimpinan kepala sekolah dalam meningkatkan disiplin tenaga pendidik SD Negeri 141 Kota Jambi, (3) mengetahui gaya kepemimpinan kepala sekolah yang dominan dalam meningkatkan disiplin tenaga pendidik SD Negeri 141 Kota Jambi. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif. Pengumpulan data menggunakan wawancara dengan kepala sekolah dan tenaga pendidik. Jumlah responden dalam penelitian ini adalah 1 kepala sekolah, 7 tenaga pendidik. Hasil analisis data menunjukkan bahwa (1) gaya kepemimpinan kepala sekolah yang di terapkan oleh kepala sekolah SD Negeri 141 Kota Jambi adalah gaya kepemimpinan situasional, gaya kepemimpinan demokratis, dan gaya kepemimpinan otokratis (2) gaya kepemimpinan kepala sekolah dalam meningkatkan disiplin tenaga pendidik menerapkan gaya kepemimpinan situasional dan gaya kepemimpinan demokratis (3) gaya kemimpinan kepala sekolah yang dominan dalam meningkatkan disiplin tenaga pendidik adalah gaya kepemimpinan situasional, Disiplin Tenaga Pendidik |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Pascasarjana > Manajemen Pendidikan |
Depositing User: | Utary |
Date Deposited: | 31 May 2022 08:23 |
Last Modified: | 31 May 2022 08:23 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/34058 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |