Strategi Guru dalam Meningkatkan Keberanian Bertanya Siswa di Sekolah Dasar

Patimah, Siti (2022) Strategi Guru dalam Meningkatkan Keberanian Bertanya Siswa di Sekolah Dasar. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.

[img] Text
FULL SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
COVER.pdf

Download (56kB)
[img] Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (139kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (125kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (116kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (45kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (114kB)
Official URL: https://repository.unja.ac.id/

Abstract

Patimah. 2022. Strategi Guru dalam Meningkatkan Keberanian Bertanya Siswa di Sekolah Dasar. Skripsi, Program studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Jurusan Pendidikan Anak Usia Dini dan Dasar. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Jambi, Pembimbing (I) Drs. Faizal Chan, S.Pd., M.Si. Pembimbing (II) Alirmansyah, S.Pd., M.Pd. Kata Kunci: Strategi Guru, Keberanian bertanya. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan strategi guru dalam meningkatkan keberanian bertanya siswa di kelas II SD Negeri 133/I Pasar Terusan. Penelitian dilaksanakan di semester genap tahun ajaran 2021/2022 pada 17 Januari 2022 sampai dengan 17 Februari 2022. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian fenomenologi. Data penelitian diperoleh melalui kegiatan observasi, wawancara dan dokumentasi. Setelah data terkumpul data dianalisis secara kualitatif menggunakan teknik analisis model Miles dan Huberman yang terdiri atas kodifikasi data, penyajian data, dan pengambilan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi yang dilakukan oleh guru dalam meningkatkan keberanian bertanya siswa di kelas II SD Negeri 133/I Pasar Terusan yaitu melalui Permainan Kata Pertanyaan Pancingan. Dengan strategi yang telah digunakan oleh guru dapat meningkatkan keberanian bertanya siswa terlihat pada: (1) Berani menatap wajah guru saat mengajukan pertanyaan, (2) Memiliki rasa percaya diri untuk memulai bertanya pada guru, dan (3) Memiliki keberanian dan kemampuan untuk meminta penjelasan ulang atas sesuatu yang belum dipahami. Prinsip-prinsip penggunaan strategi menjadi bahan perhatian guru dalam menentukan suatu strategi yang akan diterapkan yaitu berorientasi pada tujuan, aktivitas dan individualitas.

Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Strategi Guru, Keberanian bertanya
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD
Depositing User: PATIMAH
Date Deposited: 10 Jun 2022 04:03
Last Modified: 10 Jun 2022 04:03
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/34418

Actions (login required)

View Item View Item