nalisis Kinerja Kepala Sekolah Dalam Pengelolaan Dana BOS di SMPN SATAP 6 Kabupaten Tanjung Jabung Timur

Ulfa, Risfa Tri and Muazza, Muazza and Ali, Rd. M (2022) nalisis Kinerja Kepala Sekolah Dalam Pengelolaan Dana BOS di SMPN SATAP 6 Kabupaten Tanjung Jabung Timur. S2 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
Cover.pdf

Download (19kB)
[img] Text
Abstrak.pdf

Download (14kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (10kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (125kB)
[img] Text
Pengesahan.pdf

Download (149kB)
[img] Text
Risfa Tri Ulfa Tesis PDF.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Analisis kinerja kepala sekolah adalah kemampuan sekolah sebagai institusi pengelolaan dana BOS dalam mengoptimalisasikan fungsi keuangan yang ada untuk mencapai tujuan penggunaan sumber daya tersebut. Kepala sekolah belum sepenuhnya menyesuaikan ketersediaan dana dengan kebutuhan sekolah dan perencanaan keuangan yang dilakukan kepala sekolah masih belum sesuai dengan kebutuhan ril sekolah. Kondisi ini meskipun belum sepenuhnya diharapkan kepala sekolah dan sejumlah guru karena selama ini kebutuhan dana BOS tidak ditopang dari dana komite sekolah karena telah dihapusnya uang komite sekolah. Penelitian ini menggunakan model kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, dan studi dokumen. Teknik analisis data berupa reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Subjek dalam penelitian ini adalah Tim dana BOS atas kepala sekolah, bendahara, komite, 1 orang guru dan wali murid adalah sampel dari penelitian ini. Kesimpulannya adalah: Analisis Kerja Kepala Sekolah Dalam Pengelolaan Dana BOS di SMPN SATAP 6 Kabupaten Tanjung Jabung Timur di lakukan berdasarkan kewenangan yang diberikan kepala sekolah agar Pengelolaan dalam BOS dapat tersalurkan sesuai dengan tujuan yang ingin dicapai. Adapun yang dilakukan Kepala Sekolah, dengan cara; dengan cara; pertama Menyusun rencana berdasarkan skala prioritas kebutuhan sekolah. Kedua Menentukan program kerja dan rincian program sekolah. Ketiga Menghitung rasional anggaran setiap program kerja. Keempat Mengalokasikan dana BOS setiap program kegiatan berdasarkan juknis BOS. Kelima Pengelolaan Dana BOS sesuai dengan tujuan Dana BOS yang ada dijuknis. Keenam Melaksanakan pengawasan dalam pengelolaan dana BOS Faktor yang menjadi pendukung dan penghambat kebijakan kepala sekolah dalam pengeloloaan dana BOS. Faktor pendukung; Pertama adanya dukungan dari pemerintah daerah dengan senantiasa memberikan petunjuk teknis dalam pengelolaan dana BOS serta di dukung dengan kegiatan pelatihan sistem pengelolaan dan pelaporan dana BOS. Kedua, Terjalinnya komunikasi dan kerja sama yang baik dari pihak pengelola dana BOS dengan guru, komite, orang tua siswa dan pemerintah daerah. Sedangkan faktor penghambatnya adalah: Tidak semua kebutuhan sekolah dapat didanai dari dana BOS dan terlambatnya pencairan Dana BOS Adapun upaya yang dilakukan kepala sekolah adalah; Pertama, mengupayakan penggunaan dana BOS berjalan sesuai dengan juknis. Kedua, kepala sekolah berupaya mengoptimalkan penggunaan dana BOS semaksimal mungkin berdasarkan kebutuhan yang di anggap penting. Ketiga, menyikapi aturan kebijakan pemerintah pusat yang sering berubah-ubah, maka pihak sekolah terus berkordinasi dengan pihak dinas pendidikan daerah

Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: Analisis Kinerja, Kepala Sekolah, Pengelolaan Dana BOS
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Pascasarjana > Manajemen Pendidikan
Depositing User: Ulfa
Date Deposited: 10 Jun 2022 03:18
Last Modified: 10 Jun 2022 03:31
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/34478

Actions (login required)

View Item View Item