Putri, Adinda (2022) Pengembangan E-Instrument Test berbantuan Quizizz untuk Mengukur HOTS Pada Materi Redoks di Kelas X SMA. S1 thesis, Universitas Jambi.
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (222kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (345kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (218kB) |
![]() |
Text
COVER.pdf Download (248kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (452kB) |
![]() |
Text
Halaman Persetujuan dan Pengesahan.pdf Download (489kB) |
![]() |
Text
SKRIPSI-ADINDA PUTRI_compressed.pdf Download (5MB) |
Abstract
Kata Kunci: E-Instrument , HOTS , Redoks Evaluasi pembelajaran tidak terlepas dari penggunaan instrument. Instrument ini mempunyai peranan yang penting dalam mengetahui sejauh mana kemampuan peserta didik dalam memahami materi akan tetapi sering sekali pendidik dalam merancang instrument tidak melihat layak atau tidak layaknya instrument yang telah dibuat. Pengembangan Instrument merupakan suatu proses perancangan dan perakitan alat ukur agar menjadi alat ukur yang berkualitas baik. Dalam situasi pademi covid 19 sekarang ini, sangat cocok sekali adanya einstrument tes yang dapat dibuka lewat internet, salah satunya dengan berbantuan aplikasi quizizz. Quizizz adalah aplikasi game berbasis internet yang cocok sekali digunakkan dalam evaluasi pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan instrument tes kemampuan berpikir tingkat tinggi kimia yang memenuhi syarat. Produk yang dihasilkan berupa E-instrument tes berbantuan quizizz untuk mengukur HOTS pada materi redoks kelas X SMA meliputi dimensi kognitif, yakni instrument tes esay berupa butir soal HOTS yang mencangkup C4, C5 dan C6. Penelitian ini dilakukan di tiga sekolah diantaranya SMAN 3 Kota Jambi , SMAN 2 Kota Jambi dan SMAN 9 Kota Jambi. Penelitian ini merupakan modifikasi Model Wilson, Model Oriondo dan Antonio (1998) yang mencangkup 2 langkah : Perancangan tes (planning test), Dilakukan uji coba tes (trying out the test). Berdasarkan hasil analisis dari para ahli dan pendidik mengenai pengembangan instrument dari 20 soal yang dikembangkan peneliti terdapat 9 soal yang harus direvisi Kembali agar menjadi soal yang bersyarat dan layak untuk diujicobakan. Dikembangkan memenuhi kriteria valid berdasarkan aspek materi, konstruk dan bahasa didapatkan skala berturut-turut 3,54, 3,74 dan 4,0 sudah dinyatakan sangat layak. Berdasarkan penilaian angket dari para guru dan peserta didik didapatkan 54,2 % dan 64,84% sudah dinyatakan sangat layak, artinya soal telah dinyatakan valid untuk diujicobakan pada tahap selanjutnya. Abstract This study aims to develop a high-level chemical thinking ability test instrument that meets the requirements. The resulting product is an E-instrument test assisted by Quizizz to measure HOTS on redox material for class X SMA including the cognitive dimension, namely the essay test instrument in the form of HOTS items covering C4, C5 and C6. This research was conducted in three schools including SMAN 3 Jambi City, SMAN 2 Jambi City and SMAN 9 Jambi City. This research is a modification of the Wilson Model, Oriondo and Antonio Model (1998) which includes 2 steps: Testing (planning test), Conducting a test test (trying out the test). Based on the results of the analysis from experts and educators regarding the development of the instrument from the 20 questions developed by the researchers, there were 9 questions that had to be revised again so that they became conditional questions and deserved to be tested. Developed to meet valid criteria based on material, construct and language aspects, the scales of 3.54, 3.74 and 4.0 have been declared very feasible, respectively. Based on the assessment of the questionnaire from the teachers and students, 54.2% and 64.84% were found to be very feasible, meaning that the questions were declared valid to be tested at a later stage. Keywords: E-Instrument , HOTS , Redox
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kata Kunci: E-Instrument , HOTS , Redoks |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Putri |
Date Deposited: | 10 Jun 2022 06:42 |
Last Modified: | 10 Jun 2022 06:42 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/34491 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |