Suryana, Lely (2022) Pemanfaatan Papan Reward Dalam Meningkatkan Nilai Karakter Disiplin Siswa Kelas II SDN 182/I Hutan Lindung. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.
![]() |
Text
SKRIPSI_LELY_SURYANA.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
![]() |
Text
cover.pdf Download (204kB) |
![]() |
Text
HALAMAN PENGESAHAN,.pdf Download (31kB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (9kB) |
![]() |
Text
BAB 1.pdf Download (140kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (10kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (21kB) |
Abstract
ABSTRAK Suryana, Lely. 2022. Pemanfaatan Papan Reward Dalam Meningkatkan Nilai Karakter Disiplin Siswa Kelas II SDN 182/I Hutan Lindung. Skripsi, Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Pendidikan Anak Usia Dini dan Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Jambi. 1), Prof.Dr. rer.nat. Asrial, M.Si 2) Alirmansyah, S.Pd., M.Pd. Kata Kunci : Papan Reward, Karakter, Disiplin Penelitian ini dilatarbelakangi oleh nilai karakter disiplin siswa kelas II SDN 182/I Hutan Lindung yang masih rendah dan perlu ditingkatkan lagi. Hal tersebut dilihat dari masih banyaknya siswa yang ribut di dalam kelas, tidak mendengarkan guru menjelaskan materi pembelajaran, dan mengerjakan tugas tidak tepat waktu. Sehingga dibutuhkan metode untuk meningkatkan nilai disiplin siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pemanfaatan papan reward untuk meningkatkan nilai karakter disiplin siswa kelas II SDN 182/I Hutan Lindung. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas dengan dua siklus yang terdiri dari empat tahapan, yaitu tahapan perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi. Penelitian ini dilakukan di SDN 182/I Hutan Lindung, kelas II yang berjumlah 22 siswa. Instrumen yang digunakan adalah instrumen non tes berupa lembar observasi, lembar wawancara guru, papan reward . Teknik analisa data menggunakan analisis kuantitatif dan kualitatif. Teknik analisa data kuantitatif digunakan untuk mengetahui persentase dari sikap disiplin belajar siswa. Sedangkan teknik analisis deskriptif kualitatif digunakan untuk menyaring data hasil observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan karakter disiplin pada kelas II Sekolah Dasar, dapat dilihat dari hasil observasi pada pertemuan I siklus I hasil observasi yaitu 42,72%, pada siklus I pertemuan II terdapat peningkatan sehingga mendapatkan hasil observasi yaitu 53,63%. Selanjutnya pada siklus II pertemuan I mendapat hasil observasi yaitu 60,905%, pada siklus II pertemuan II terdapat peningkatan sehingga mendapatkan hasil observasi yaitu 77,22%. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa papan reward dapat meningkatkan disiplin peserta didik dalam mengikuti proses pembelajaran dilihat dari tindakan pada siklus ke II sudah mencapai kategori yang diharapkan yaitu sebesar 75%. Dari hasil tersebut, maka proses pemanfaatan media papan reward dalam meningkatkan nilai karakter disiplin berhenti sampai di siklus II karena dinyatakan meningkat dan telah tercapai indikator ketercapaian penelitian.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Papan reward, karakter, disiplin |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LA History of education L Education > LD Individual institutions (United States) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD |
Depositing User: | SURYANA |
Date Deposited: | 14 Jun 2022 02:00 |
Last Modified: | 14 Jun 2022 02:00 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/34649 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |