Muryani, Muryani and Mukminin, Amirul and Ali, Raden Muhammad (2022) Kepemimpinan Spiritual Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kinerja Guru di salah satu SMP IT Kota Jambi. S2 thesis, Universitas Jambi.
![]() |
Text
COVER (2).pdf Download (101kB) |
![]() |
Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf Download (136kB) |
![]() |
Text
ABSTRAK (2).pdf Download (103kB) |
![]() |
Text
BAB V (3).pdf Download (189kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA (4).pdf Download (310kB) |
Abstract
Kepemimpinan spiritual adalah seorang pemimpin yang memperhatikan bagaimana orang lain dapat tumbuh, berkembang dan mencapai visi yang hendak dicapai bersama dengan nilai-nilai kehidupan yang disebarkan pada mereka, dengan demikian, penngelolaan pendidikan akan memberikan pengaruh yang sangat signifikan terhadap pendidik/guru dan pembelajaran. Tujuan pada penelitian ini adalah: untuk mengetahui bagaimana kepemimpinan Spiritual Kepala Sekolah dalam meningkatkan kinerja guru di salah satu SMP IT Kota Jambi dan mengetahui faktor pendukung kepemimpinan spiritual dalam meningkatkan kinerja guru di salah satu SMPIT Kota Jambi. penelitian ini dilakukan dengan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data secara wawancara dan observasi. Infroman dalam penelitian ini terdiri dari 5 orang, yakni 1 kepala sekolah dan 4 dari guru yang mengajar di salah satu SMP IT yang menjadi lokasi penelitian. Hasil penilitian menunjukkan bahwa kepemimpinan spiritual kepala sekolah dalam meningkatkan kinerja guru di salah satu SMP IT Kota Jambi melalui: a. memberikan motivasi dari pengembangan visi: memberikan dorongan atau motivasi dalam pengembangan visi sekolah, mampu menentukan tujuan dari organisasi sekolah yang dipimpin, mencerminkan cita-cita tinggi dan mampu mendorong seseorang untuk melakukan perubahan yang positif, b. menanamkan keyakinan/ harapan bahwa tujuan dapat dicapai: menetapkan tujuan sesuai dengan kondisi dan memiliki keunggulan dengan meneruskan program atau kegiatan dari Yayasan, selebihnya beliau lebih cenderung melakukan pendekatan dengan guru dan siswa, c. kepentingan umum diatas kepentingan pribadi, semangat untuk berubah kearah yang lebih baik, memiliki jiwa juang yang tinggi untuk menuntut ilmu, kedisiplinan yang baik, dalam artian juga fleksibel, tetap cerdas,beliau juga sosok pemimpin yang memiliki kejujuran sejati, berkata apa adanya, rendah hati, d. menunjukkan keteladanan: dicontohkan oleh kepala sekolah sebagai pemimpin dalam setiap tindakan, sikap, dan ucapan, baik sebagai person maupun sebagai pemimpin sekolah kepada para guru, e. menunjukkan kebersamaan (kolaborasi): membangun kedekatan hubungan di antara sesama guru, terlihat sesama guru menjalin hubungan yang akrab, saling bekerja sama, dan saling membantu satu sama lain. Faktor-faktor yang mendukung kepemimpinan spiritual dalam meningkatkan kinerja guru di Salah Satu SMP IT Kota Jambi: a. memberdayakan guru-guru untuk melaksanakan proses pembelajaran dengan baik, lancar, dan produktif dengan memberikan ruang kepada para untuk berekspresi dan berinovasi b. menjalankan tugas dan pekerjaan sesuai dengan waktu yang telah ditetapkan dengan selalu membuat perencanaan program bersama pengelola sekolah, melibatkan yayasan, c. menerapkan prinsip kepemimpinan yang sesuai dengan tingkat kedewasaan guru dan pegawai lain di sekolah, kepala Sekolah meningkatkan kompetensi spiritual, Saling berbagi, komitmen, Istiqomah, Saling menasehati.
Type: | Thesis (S2) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kepemimpinan Spiritual, Kepala Sekolah, Kinerja Guru |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Pascasarjana > Manajemen Pendidikan |
Depositing User: | Muryani |
Date Deposited: | 17 Jun 2022 07:57 |
Last Modified: | 17 Jun 2022 07:57 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/35085 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |