Fafrida, Mery and Mukminin, Amirul and Masbirorotni, Masbirorotni (2022) Pengelolaan Kelas Inklusi di Sekolah Islam Terpadu Nurul Ilmi Jambi. S2 thesis, Universitas Jambi.
![]() |
Text
Cover (2).pdf Download (61kB) |
![]() |
Text
Lembar Pengesahan Mary.pdf Download (213kB) |
![]() |
Text
ABSTRAK (2).pdf Download (113kB) |
![]() |
Text
BAB V Penutup.pdf Download (27kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA (2).pdf Download (97kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pengelolaan kelas inklusi yang meliputi penyelenggaraan pendidikan inklusi, perencanaan pembelajaran, pemberdayaan sumber belajar, pengelolaan pembelajaran kelompok, penilaian dan kendala yang dihadapi oleh guru dalam pembelajaran pada kelas inklusi di Sekolah Islam Terpadu Nurul Ilmi Jambi. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan “case study.” Sampel penelitian ini adalah guru-guru yang mengajar di kelas inklusi. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dari dokumen. Kredibilitas data dan etika peneltian dengan triangulasi, member checking, dan nama disamarkan. Analisis data dilakukan dari proses transkripsi, pengkodean, dan pembuatan tema. Hasil penelitian antara lain: 1) Penyelenggaraan pendidikan inklusi di Sekolah Islam Terpadu berkembang secara alami dengan model penempatan siswa berkebutuhan khusus di kelas reguler (full inclusion), menggunakan kurikulum yang sama dengan siswa pada umumnya, dan tidak ada Guru Pendamping Khusus untuk siswa Berkebutuhan Khusus; 2) Perencanaan pembelajaran dibuat dalam bentuk Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) sepekan sekali dan Perencanaan Pembelajaran Individual. Perencanaan pembelajaran individual disesuaikan dengan kebutuhan siswa berkebutuhan khusus; 3) Pemberdayaan sumber belajar kelas inklusi di Sekolah Islam Terpadu Nurul Ilmi cukup baik. Sumber belajar yang digunakan antara lain: sarana fisik kelas, media pembelajaran audio, visual, dan audio visual, perpustakaan, laboratorium, tempat pemajangan karya, majalah dinding, bahan dan media belajar lain, serta lingkungan alam, buatan, dan sosial; 4) Guru mengelola pembelajaran kelas inklusi dengan menggunakan metode pembelajaran klasikal, individualisasi pembelajaran untuk siswa berkebutuhan khusus, pembelajaran kelompok yang kooperatif, pembelajaran tutor sebaya, dan pengaturan tempat duduk; 5) Penilaian hasil belajar bersifat aktif (dilakukan secara berkelanjutan menggunakan berbagai metode), autentik (sesuai realitas), penilaian hasil belajar disesuaikan dengan kompetensi/kebutuhan khusus setiap individu/anak, dan terdapat adaptasi yang meliputi adaptasi dalam cara, adaptasi dalam waktu penilaian; dan 6) Kendala yang dihadapi oleh guru dalam pengelolaan kelas inklusi di SIT Nurul Ilmi antara lain: kurangnya peran support system keluarga, stigma negatif terhadap ABK, pengelolaan waktu belajar, kecemburuan sosial, dan kesulitan guru menangani siswa berkebutuhan khusus.
Type: | Thesis (S2) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pengelolaan Kelas, Kelas Inklusi |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Pascasarjana > Manajemen Pendidikan |
Depositing User: | Fafrida |
Date Deposited: | 20 Jun 2022 07:33 |
Last Modified: | 20 Jun 2022 07:33 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/35258 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |