Analisis Persepsi Komunikasi Interpersonal Guru dan Motivasi Belajar Siswa dalam Pembelajaran Abad 21 Materi Fungi

Asnita, Desi (2022) Analisis Persepsi Komunikasi Interpersonal Guru dan Motivasi Belajar Siswa dalam Pembelajaran Abad 21 Materi Fungi. S1 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (86kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (92kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (38kB)
[img] Text
COVER.pdf

Download (44kB)
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (200kB)
[img] Text
SKRIPSI FULL DESI ASNITA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] Text
HALAMAN PENGESAGAN.pdf

Download (141kB)
Official URL: https://repository.unja.ac.id/

Abstract

Asnita, Desi. 2022. Analisis Persepsi Komunikasi Interpersonal Guru dan Motivasi Belajar Siswa dalam Pembelajaran Abad 21 Materi Fungi. Skripsi, Jurusan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, FKIP, Universitas Jambi. Pembimbing: (I) Retni Sulistiyoning Budiarti, S.Pd., M.Si (II) Dr. Ervan Johan Wicaksana, S.Pd., M.Pd., M. Pd.I. Kata kunci: Abad 21, Komunikasi Interpersonal, Motivasi Belajar, Materi Fungi Dalam dunia pendidikan di sekolah diperlukan komunikasi antar pribadi yang baik. Komunikasi yang baik akan menghasilkan tujuan yang baik, sehingga dapat menghasilkan nilai serta mampu membangkitkan motivasi siswa. Untuk memberikan motivasi kepada siswa, guru perlu melakukan komunikasi interpersonal kepada siswa. Bertujuan untuk mendeskripsikan persepsi siswa tentang kemampuan komunikasi interpersonal dan mengetahui motivasi belajar siswa Kelas X MIA SMAN 11 Kota Jambi dalam pembelajaran Abad 21 Materi Fungi. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif, yang dilakukan pada bulan Oktober-November 2021 dengan jumlah siswa 132 orang. Hasil pengukuran terhadap kemampuan komunikasi interpersonal pada angket rata-rata persentase perolehan skor yaitu sebesar 76%, dimana nilai ini berada pada rentang 61% - 80% dengan kriteria “baik”. Hasil pengukuran terhadap motivasi belajar siswa yang meliputi motivasi internal dan motivasi eksternal, menunjukkan bahwa secara keseluruhan motivasi internal siswa berada pada tingkat yang tinggi, sementara motivasi eksternal siswa berada pada tingkat yang sangat tinggi. Hal ini dibuktikan dari rata-rata persentase perolehan skor untuk motivasi internal sebesar 79,82%, dimana nilai ini berada pada rentang 61% - 80% dengan kriteria “tinggi”. Sementara rata-rata persentase perolehan skor untuk motivasi eksternal sebesar 81%, dimana nilai ini berada pada rentang 81% - 100% dengan kriteria “sangat tinggi”.

Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Abad 21, Komunikasi Interpersonal, Motivasi Belajar, Materi Fungi
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: ASNITA
Date Deposited: 05 Jul 2022 02:09
Last Modified: 05 Jul 2022 02:09
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/36122

Actions (login required)

View Item View Item